Home » » SALDO RAMADHAN FAIR UNTUK BHAKTI SOSIAL

SALDO RAMADHAN FAIR UNTUK BHAKTI SOSIAL

Written By Media Rakyat on Friday, 22 July 2016 | 12:28:00

Walikota Berikan Sembako
TEGAL – (Media Rakyat). Saldo pendapatan dari Ramadhan Fair 2016 dimanfaatkan untuk kegiatan bhakti sosial dengan diwujudkan pemberian sembako kepada 40 kaum dhuafa dari 4 kecamatan di Kota Tegal.
Sembako yang diberikan berupa beras 5 kg dan peralatan mandi seperti sikat gigi, sabun dan shampo.
Pemberian paket sembako dilakukan secara simbolis oleh Walikota Tegal KMT Hj. Siti Masitha Soeparno kepada perwakilan kaum dhuafa saat Acara Halal Bi Halal Halal Bi Halal Organisasi Wanita, Dharma Wanita Persatuan Kota Tegal dan Yayasan Dian Dharma Tahun 2016 M/ 1437 H Kota Tegal di Gedung Adipura Kota Tegal, Rabu (20/7).
Walikota Tegal KMT Hj. Siti Masitha Soeparno menyebut Dharma Wanita sebagai wadah berhimpunnya para isteri Pegawai Negeri Sipil dapat memaksimalkan perannya, utamanya dalam konteks turut menyelesaikan problem-problem sosial yang berkembang di masyarakat.
“Terbukti dana yang dihasilkan dari penyelenggaraan Ramadhan Fair dapat disisihkan untuk bhakti sosial,” ungkap Walikota.
Walikota juga menyebut dengan memaksimalkan kiprahnya di masyarakat, organisasi wanita sama artinya dengan membantu pelaksanaan program-program pemerintah, sekaligus membantu tugas-tugas para suami. “Karena sebagai PNS tentu tugas utama yang harus dilakukan oleh para suami adalah menjalankan program pemerintah,” sebut Walikota.
Berbagai kegiatan sosial juga banyak yang bisa dilakukan oleh Dharma Wanita. Dari mulai pendampingan keluarga miskin, anak-anak putus sekolah, korban KDRT, pengelolaan sampah rumah tangga, penghijauan kota, pelatihan-pelatihan keterampilan bagi ibu rumah tangga, dan masih banyak lagi.
“Saya yakin Dharma Wanita Persatuan mampu melakukan itu semua, karena Dharma Wanita beranggotakan perempuan-perempuan yang memiliki kemampuan diatas rata-rata, baik dari segi pengalaman, kemampuan manajerial, maupun secara intelektual. Dan saya sangat berterima kasih sekaligus bangga jika Dharma Wanita Persatuan semakin maju dan semakin menampakkan kiprahnya di tengah masyarakat,” tutur Walikota.
Dalam kegiatan Halal Bi Halal Walikota mengatakan dalam kesempatan masih suasana Hari Raya Bulan Syawal. Sehingga momentum tersebut sangat baik sekali digunakan Dharma Wanita untuk mengadakan silaturahmi.
Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Tegal Debby Firoeza Hakim, SE dalam laporannya menyebut dana untuk kegiatan bhakti sosial sebesar Rp. 8 juta berasal dari saldo Pelaksanaan Ramadhan Fair pada Sabtu 4 Juni 2016 di Conventional Hall Hotel Bahari Inn dan diikuti oleh 34 stand dari berbagai jenis usaha, mulai dari boutique, kosmetik, perhiasan , berbagai jenis produk makanan, perbankan dan automotif. Kegiatan Ramadhan Fair merupakan kegiatan dalam rangka HUT Dharma Wanita Persatuan Kota Tegal ke-17 yang telah sukses dilaksanakan sebelum masuk awal Ramadhan yang lalu.
Seperti diketahui bahwa ide kegiatan Ramadhan Fair adalah dari Ibu Walikota Tegal dan mendapat dukungan penuh dari Ibu KMT Hj. Siti Masita Soeparno,” kata Debby.
Disebutkan Debby, sesuai dengan penjualan tiket Ramadhan fair dihadiri oleh 480 pengunjung yang berasal dari anggota Dharma Wanita Organsisasi anggota GOW ,  SKPD, dan masyarakat umum. Dari penjualam tiket dan stand pameran terkumpul dana sebesar Rp. 70.460.000 dan untuk pembiayaan penyelenggaraan sebesar Rp. 39.010.500 sehingga saldo Rp. 31.449.500.
Dikatakan Debby, saldo pendapatan dari Ramadhan Fair sesuai dengan arahan Walikota Tegal dimanfaatkan untuk kegiatan bhakti sosial sebesar Rp. 8 juta dan Rp. 23.449.500 untuk mendukung operasional orgabsiasi dan kegiatan dharma wanita.
Bhakti sosial kita laksanakam dengan pembagian sembako untuk 40 kaum dhuafa non panti dari 4 kecamatan dan masing-masing mendapat uang transport sebesar Rp 50 ribu dari GOW yang pada acara ini akan diserahkan secara simbolis oleh Walikota Tegal,” kata Debby.
Menurut Debby, acara halal bi halal merupakan tradisi yang mempunyai nilai luhur, setelah kita melaksanakan puasa Ramadhan, yang insyaallah kita mendapatkan ampunan dari Allah SWT.
Acara halal bi halal ini un menyempurnakan hablu minannas kita untuk saling memaafkan, dari segi kesalahan dan kekhilafan, baik dalam pergaulan kita sehari- hari atau dalam berorganisasi, sehingga selepas acara halal bi halal ini kita betul-betul dapat kembali dalam keadaan fitroh kemanusiaan yang muttaqin,” sebutnya.
Debby mengharap tradisi halal bi halal dapat dilanjutkan dalam kehidupan sehari-hari untuk dapat saling memaafkan. Apabila dalam komunikasi terjadi silang pendapat, kesalahan dan kekhilafan tidak perlu menunggu tahun depan pada acara halal bi halal lagi. Hal tersebut dikatakan Debby sangat penting dengan keikhlasan untuk saling memaafkan akan menghilangkan gap komunikasi yang mengganggu kelancaran komunikasi, koordinasi organisasi yang baik untuk kebersamaan dan kesuksesan pelaksanaan kegiatan-kegiatan organisasi.
Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pimpinan SKPD dan pimpinan organsiasi Anggota GOW Kota Tegal yang selama ini telah membantu dan bersama sama mendukung setiap ada kegiatan dharma wanita, termasuk dalam mensukseskan acara halal bi halal ini,” sebut Debby.
Hikmah halal bi halal dalam kesempatan itu disampaikan KH. Syaefudin Zuhri Madrais SAg. (Daryani/MR/99)

IKLAN

Arsip Berita