Home » » RATUSAN PNS KOTA TEGAL IKUT PEMERIKASAAN PAP SMEAR DAN IVA

RATUSAN PNS KOTA TEGAL IKUT PEMERIKASAAN PAP SMEAR DAN IVA

Written By Media Rakyat on Saturday, 30 July 2016 | 08:24:00

PNS yang antri menunggu giliran pemeriksaan PAP Smear
TEGAL - (Media Rakyat). Ratusan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Lingkungan Balai Kota Tegal melakukan pemeriksaan PAP Smear dan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) di Gedung Balai Pengobatan Kompleks Balai Kota, Jumat (29/7). Kegiatan diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan Kota Tegal bekerja sama dengan salah satu laboratorium kesehatan di Kota Tegal. Pemeriksaan diawali dengan senam bersama ratusan PNS, di Halaman Pendopo Ki Gede Sebayu Kota Tegal. Selain di Kompleks Balaikota Tegal, kegiatan yang sama juga dilakukan Oleh PT. Tong Tjie kerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Tegal bertempat di Puskesmas Tegal Timur dan senam sehat bersama di Kantor Dinas Kesehatan Kota Tegal.
Ratusan PNS lakukan senam bersama
Staf Manajemen Pelayanan Primer BPJS Kesehatan Kota Tegal, Teguh, mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian Pencanangan Gerakan Promotif Preventif, yang hari ini Jumat (29/7) dibuka oleh Ibu Negara, Iriana Joko Widodo, di Kupang, NTT. Selain di Kupang, kegiatan ini juga dilakukan serentak di seluruh Indonesia yaitu di 1.558 titik dengan total target peserta 27.000 pemeriksaan IVA dan 10.275 pemeriksaan PAP Smear. Teguh menjelaskan pencegahanan atau deteksi dini pada kanker mulut rahim maupun leher rahim dapat dilakukan dengan dua metode pemeriksaan, yaitu PAP Smear dan IVA. Pemeriksaan Metode PAP Smear yaitu pengambilan sampel dari leher rahim untuk dibawa ke laboratorium. Sedangkan metode IVA dengan mengoleskan cairan asam ke leher rahim. Jika ada peserta yang positif mengidap penyakit seksual akan dilanjutkan ke fasilitas kesehatan atau dokter pribadi, untuk dilakukan rujukan ke rumah sakit. Harapannya agar penyakitnya dapat diketahui sedini mungkin. Kegiatan pemeriksaan ini gratis dan dilakukan sampe akhir tahun,” pungkasnya.
Salah seorang peserta yang mengikuti pemeriksaan, Nambar Prasetyawati (47) mengungkapkan ia melakukan pemeriksaan ini untuk mengetahui sedini mungkin kondisi dan keadaan rahimnya. “Ini merupakan pemeriksaan yang kelima saya, terakhir pada tahun 2013. Jika ada keluhan biasanya akan ditindaklanjuti dengan dokter spesialis,” ungkapnya. (Daryani/MR/99)

IKLAN

 

Arsip Berita