Home » » PEMKOT TEGAL OPTIMIS RAIH PIALA ADIPURA

PEMKOT TEGAL OPTIMIS RAIH PIALA ADIPURA

Written By Media Rakyat on Monday, 25 July 2016 | 16:54:00

Walikota menerima sertifikat Adipura
TEGAL – (Media Rakyat). Walikota Tegal KMT dan jajarannya optimis dapat meraih Piala Adipura di tahun 2017. Sebab, tahun 2016 ini Kota Tegal telah menerima Sertifikat Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) atas Peningkatan Kinerja dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup Perkotaan Tahun 2016.
Sertifikat Penghargaan bergengsi di bidang Lingkungan Hidup tersebut diterima Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekda Kota Tegal Herlien Tedjo Oetami, SH yang didampingi Kepala Kantor Lingkungan Hidup (KLH) Kota Tegal M. Rudy Hersetyawan, MSi dari Menteri KLHK Siti Nurbaya saat Peringatan Hari Lingkungan Hidup Dunia, Jumat (22/7) di Halaman  Istana Siak. Acara tersebut juga dihadiri Wakil Presiden RI Jusuf Kalla dan beberapa menteri lainnya.
“Alhamdulillah pada hari ini ada pencapaian yang membanggakan dengan diterimanya Sertifikat Adipura di Riau yang diserahkan oleh Menteri Lingkungan Hidup. Ini menunjukkan bahwa Pemerintah Kota Tegal selama ini memiliki kompetensi dan komitmen untuk memberikan yang terbaik kepada daerah dan masyarakatnya,” ungkap Walikota yang didampingi jajarannya usai menerima Sertifikat Adipura yang diserahkan Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekda Kota Tegal dan Kepala KLH di Hotel Cavinton Yogyakarta, Sabtu (23/7) usai Penutupan Bimbingan Teknis Penyusunan Laporan Akuntabilitas Kinerja Pemerintah (Bintek LKIP), disaksikan oleh Narasumber dan peserta Bintek LKIP antara lain Plt. Sekda Kota Tegal, Asisten I serta Kepala Cabang Bank Jateng Koordinator Tegal M. Ilyas beserta istri.
“Ini adalah salah satu motivasi sebagai satu loncatan yang signifikan dari tahapan penilaian piagam dan plakat. Tetapi Kota Tegal langsung diberikan sertifikat. Ada arahan juga dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan bahwa untuk tahun depan Kota Tegal harus meraih piala adipura. Dan kami semua yakin dan punya komitmen untuk meraih prestasi yang membanggakan tersebut,” kata Walikota optimis.
Dikatakan Walikota, upaya yang dilakukan Pemkot Tegal melalui seluruh SKPD terkait, untuk berkomitmen dengan melengkapi sarana dan prasarana sehingga menyempurnakan penilaian terhadap pencapaian untuk memperoleh piala Adipura.
“Salah satunya terkait dengan TPA dan anggaran kelengkapan infrastruktur yang merupakan satu kesatuan yang mempercepat untuk perolehan Adipura ini,” sebut Walikota.
 Perolehan penghargaan Adipura juga tak lepas dari peran dan dukungan penuh masyarakat Kota tegal. Untuk itu, Walikota meminta masyarakat Kota Tetal untuk tetap bersama-sama memabngun Kota Tegal.
“Kepada masyarakat tetaplah sama-sama kita membangun Kota Tegal yang kita cintai ini. Terima kasih apresiasi kami dari pemerintah Kota Tegal bahwa apresiasi dan kepedulian masyarakat Kota Tegal. Ssehingga mari sama-sama tahun depan kita tetap dengan semangat yang sama kita memperoleh Piala Adipura yang kita dambakan,” ajak Walikota.
Sementara itu, sebelum menyerahkan Sertifikat Adipura kepada Walikota, Herlien menyampaikan pengalamannya saat menerima Sertifikat tersebut dari Menteri LHK. “Ini suatu pengalaman yang bagus, kapan lagi kami bisa bersalaman dengan Menteri,. Se-Indonesia ada 16 penghargaan untuk Kalpataru, 36 Adipura Sertifikat, 86 Adiwiayata, Kabupaten Sertifikat dan Adiwiyata,” ungkapnya.
Herlien juga menyebut pesan Menteri Siti Nurbaya untuk Kota Tegal agar prestasi tahun depan harus ditingkatkan.
 “Ditingkatkan untuk tahun depan harus Piala Adipura. Ini  komitmen kita tahun depan. Hanya tinggal TPA,” kata Herlien optimis yang disambut tepuk tangan riuh dari Walikota, Plt. Sekda, Narasumber Bintek Penyusunan LKIP Deputi Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan KemenPANRB Agus Uji Hantara, SE.Ak, ME dan peserta Bintek LKIP lainnya.
Kota Tegal menerima Sertifikat Adipura berdasarkan SK Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Nomor 558/menlhk/setjen/peg.7/7/2016. Bersama 35 kota/kabupaten lain se-Indonesia, dan 9 Plakat untuk daerah lainnya, Plakat adipura diberikan untuk kategori Taman kota terbaik, Hutan kota terbaik, Pasar terbaik, Terminal terbaik, dan TPA terbaik.
Selain Piagam Adipura, Siti Nurbaya juga memberikan penghargaan Adipura Kirana dan Adipura Buana kepada 96 kota/kabupaten, penghargaan Adipura Paripurna,  Adiwiyata, Nirwasita Tantra dan Penghargaan Kalpataru yang diberikan kepada 16 orang pengabdi, perintis, penyelamat dan pembina lingkungan. (Daryani/MR/99)

IKLAN

 

Arsip Berita