Home » » KRATON NOMINATOR LOMBA TOGA TINGKAT PROVINSI JATENG

KRATON NOMINATOR LOMBA TOGA TINGKAT PROVINSI JATENG

Written By Media Rakyat on Friday, 22 July 2016 | 13:21:00

TEGAL – (Media Rakyat). Pada bulan Mei 2016 lalu Kelurahan Kraton menjadi Juara Lomba Pelaksana Terbaik Gotong Royong Masyarakat Tingkat Provinsi Jawa Tengah, kini Kelurahan Kraton masuk nominasi Lomba  Pelaksana Terbaik Pemanfaatan Hasil Tanaman Obat Keluarga (TOGA) Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2016.


Hal tersebut terbukti dengan kunjungan Tim Penilai Lomba Pelaksana Terbaik Pemanfaatan Hasil TOGA tingkat Provinsi Jawa Tengah yang dipimpin oleh Eko Sri Darminto, SH, MKN, Kamis (21/7) di Kelurahan Kraton.


Disebutkan Eko, Kota Tegal termasuk enam kabupaten/kota yang nominasi pemenang Lomba  Pelaksana Terbaik Pemanfaatan Hasil Tanaman Obat Keluarga (TOGA) Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2016. Antara lain Sukoharjo, Karanganyar, Surakarta dan Purworejo serta Cilacap.


“Seleksi sudah dilakukan, ada enam kabupaten/kota yang terpilih. Salah satunya Kelurahan Kraton Kecamatan Tegal Barat Kota Tegal,” kata Eko.


Dijelaskan Eko, sebelumnya lomba ini sudah lama dilaksanakan oleh Tim PKK Provinsi dan PKK Kabupaten/Kota. Namun tahun ini diambil alih oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI. “Tujuannya memenuhi kebutuhan obat keluarga, dengan swadaya masyarakat dan memanfaatkan lahan untuk mendorong pemanfaatan obat lebih  sehingga tujuan utama keluarga menjadi sehat,” kata Eko.  


Selama ini TOGA juga bisa diproduksi dan dijual menjadi industri rumah tangga seperti sirup jahe, dawet dan lain sebagainya. “Kita hanya menilai, kedepan ada pembinaan-pembinaan dari Pemkot dan Pemprov untuk lebih memanfaatkan. Bukan hanya kepentingan keluarga tapi juga untuk industri kedepannya. Saat ini kita hanya untuk kemanfaatan keluarga. Kalaupun ada untuk dijual kaitannya dengan produksi akan lebih bagus,” tutur Eko.  


Walikota Tegal KMT Hj. Siti Masitha Soeparno dalam sambutannya mengatakan sangat memperhatikan pemanfaatan lahan untuk TOGA. Sebagai orientasi peningkatan penyehatan masyarakat. Walikota berharap agar masyarakat Kota Tegal khususnya masyarakat Kelurahan Kraton untuk bersemangat, semakin aktif membudidayakan dan memanfaatkan TOGA. Sehingga mampu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat secara mandiri.


Melalui lomba pemanfaatan TOGA ini , dikatakan Walikota, menjadi wahana kebijakan  Pemkot Tegal agar masyarakat terdorong menanam dan memanfaatkan lahan. Oleh karena itu, Walikota menghimbau melalui program sawito sa uwong sa wit toga, berlanjut dan jangan berhenti karena dapat memelihara dan memanfaatkan serta mengatasi gangguan kesehatan mencegah gangguan ringan, untuk individu dan anggata keluarg


Kelurahan Kraton sebagai wakil dari Provinsi Jateng, Walikot juga  menyampaikan juga kepada Tim Penilai dan jajarannya bahwa  Kelurahan kraton langganan juara

“Kelurahan Kraton juara Lomba Pelaksana Terbaik Gotong Royong. Jadi sangat tepat menunjuk Kelurahan Kraton menjadi wakil Jawa Tengah,” pungkas Walikota optimis. (Daryani/MR/99)

IKLAN

 

Arsip Berita