Home » » AKSES JALAN TPA BOKONG SEMAR DIBANGUN

AKSES JALAN TPA BOKONG SEMAR DIBANGUN

Written By Media Rakyat on Thursday, 14 July 2016 | 17:26:00

Walikota Tegal wawancara dengan awak media
TEGAL - (Media Rakyat). Akses jalan menuju Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bokong Semar segera dibangun oleh Pemerintah Kota Tegal. Akses jalan tersebut digunakan untuk membawa sampah ke TPA Bokong Semar.
“Kita tambahkan anggaran pembuatan jalan menuju TPA. Kita akan kembalikan lagi semua sampah ke TPA Bokong Semar. Anggaran sudah dianggarkan di bawah DPU. Maka akan dimasukan ke Bokong Semar, untuk itu akses jalan dibuka dulu,” ungkap Walikota Tegal KMT Hj. Siti Masitha Soeparno kepada wartawan saat melaksanakan monitoring aset milik Pemkot Tegal dalam rangka menginventarisir aset Pemkot yang berupa gedung, tanah, lapangan dan aset-aset lainnya, Kamis (14/7).
Dikatakan Walikota, dengan kegiatan monitoring yang dilaksanakan di Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) Kalinyamat Wetan, dapat diketahui efektifitas TPST sudah maksimal atau belum untuk pengelolaan sampah. “Untuk itu ditinjau ulang untuk incinerator apabila belum difungsikan maksimal, maka TPST akan ditingkatkan fungsinya sebagai bank sampah,” ujar Walikota.
Sementara berkaitan dengan prinsip zero waste di Kota Tegal, maka semua titik tempat sampah yang belum di kelola Pemkot Tegal dan keterbatasan TPST maka akan sampah akan dikelola di TPA. Meski demikian TPST yang telah ada diminta untuk memaksimalkan pengelolaannya mulai dari manajamen, proses administrasi dan pembukuan yang harus dilakukan sebaik-baiknya. Bahkan akses masuk dan plang papan nama TPST juga harus diperhatikan.
Sedangkan mengenai incinerator, Walikota meminta untuk dilakukan evaluasi baik penggunaannya dan letaknya agar tidak dekat dengan fasilitas publik.
Sebelumnya Walikota bersama rombongan yang terdiri dari Plt. Sekda Kota Tegal Dyah Kemala Sintha beserta Kepala SKPD terkait di Lingkungan Pemkot Tegal juga mengunjungi TPS (Tempat Pembuangan Sementara) di Jalan Wisanggeni yang terletak tepat di sebelah SMP 14 Kota Tegal.
Walikota menyayangkan adanya TPS tersebut  yag dinilai sangat mengganggu aktifitas masyarakat. Sebab berdekatan dengan sekolah menginggat bau dan asap hasil pembakaran sampah yang ditimbulkan. Walikota minta TPS itu di hilangkan dan digantikan dengan pembuatan taman atau jalur hijau. “Pasang papan larangan membuang sampah di lokasi ini,” kata Walikota.
Tak luput, Walikota dan rombongan menyambangi Taman Poci yang terletak di Jalan Kol. Sudiarto tersebut. Banyak lampu taman yang pecah akibat perbuatan tak bertanggung jawab pengunjung taman. Agar Taman Poci tetap terang benderang di waktu malam, agar dipasang lampu dengan tiang tinggi agar tempat itu tidak digunakan untuk hal-hal yang tidak semestinya.
“Untuk bagian depan bisa dipercantik dengan gapura dan dipasang paving. Untuk saluran air agar dibersihkan dari sampah,” tutur Walikota. (Daryani/MR/99)

IKLAN

 

Arsip Berita