Home » » NUZULUL QUR'AN PERDANA DI MASJID AGUNG KOTA TEGAL

NUZULUL QUR'AN PERDANA DI MASJID AGUNG KOTA TEGAL

Written By Media Rakyat on Friday, 24 June 2016 | 17:46:00

Walikota saat pidato dalam acara Nuzulul Qur'an
TEGAL – (Media Rakyat). 22/06/2016. Peringatan Nuzulul Quran diharapkan bermanfaat dalam membangun masyarakat Kota Tegal menjadi masyarakat yang Islami dan Qurani, yang didalam hidupnya selalu berorientasi kepada pedoman Kitab Suci Al Quran.
Hal tersebut menjadi harapan Panitia Penyelenggara Peringatan Nuzulul Quran Masjid Agung Kota Tegal, KH. Drs. Muh. Suwarso, MPd, Rabu (22/6) malam. Peringatan Nuzulul Quran di Masjid Agung Kota Tegal itu merupakan peringatan Nuzulul Quran Perdana setelah Masjid Agung selesai direnovasi.
Peringatan Nuzulul Quran dihadiri oleh Walikota Tegal KMT Hj. Siti Masitha Soeparno, Plt. Sekda Kota Tegal Dyah Kemala Sintha dan Jajaran SKPD di Lingkungan Pemkot Tegal. Dalam kesempatan itu, Pengasuh Pondok Pesantren Mambaul Hikmah Talang KH. Muhammad Sulthon Barmawi memberikan tauziah mengenai arti pentingnya peringatan Nuzulul Quran.
“Kami berharap mudahan-mudahan peringatan ini ada hikmah yang didapat dalam rangka menyempurnakan masyarakat Kota Tegal menjadi masyarakat yang Islami dan Qurani. Sehingga masyarakat Kota Tegal menjadi masyarakat yang tenteram dan aman sehingga mencapai cita-cita sejahtera lahir dan bathin,” tutur Suwarso.
Peringatan Nuzulul quran di Masjid Agung Kota Tegal yang pertama setelah masjid agung Kota Tegal direnovasi, Alhamdulillah berkat bantuan Pemkot tegal sebesar Rp. 10milyar 10 juta, dapat kami laksanakan dengan sbeaik-baiknya dengan waktu 360 hari selesai dengan paripurna. Beribu-ribu terima kasih semoga bantuan dari pemkot tegal bermangfaat bagi Masjid Kota Tegal dan masyarakat ota tegal.
Setelah direnovasi dengan anggaran Rp. 10.010.000.000,- bantuan Pemkot Tegal sehingga menjadi baik dan indah,  Suwarso mengajak Pemkot bersama pengurus Masjid meminta kepada seluruh masyarkat Kota Tegal untuk memakmurkan Masjid Agung Kota Tegal yang saat ini mampu menampung 4.200 jamaah.
“Di Kota Tegal ada 166 masjid jami di 27 kelurahan yang tersebar dalam 4 kecamatan. Akan tetapi Masjid Agung Kota Tegal hanya satu oleh karena itu atas nama pengurus menghimbau mari kita makmurkan untuk menjadi tempat beribadah kepada Allah dan jadi tempat pembinaan umat serta tempat pembinaan masyarakat. Sehingga Andil Masjid Kota Tegal untuk ikut membangun  masyarakat Kota Tegal semoga tercapai masyarakat sejahtera lahir dan bathin,” ajak Suwarso.
Walikota Tegal KMT Hj. Siti Masitha Soeparno mengharapkan silaturahim yang telah terjalin baik antara Pemerintah Kota Tegal dan Masjid Agung akan semakin erat. Bahkan kedua belah pihak bisa bekerja sama mewujudkan Kota Tegal yang sakinah penuh ketenteraman dan penuh rahmat.
Walikota mengucapkan terima kasih kepada pengurus Yayasan Masjid Agung yang melaksanakan peringatan Nuzulul Quran pada malam kemarin, dimana peringatan tersebut merupakan upaya peringatan kepada manusia karena Al Quran sebagai kita suci adalah petunjuk yang lurus dalam kehidupan manusia.
“Al Quran tidak hanya dalam hubungan antara makhluk dengan Khaliknya. Tetapi juga dalam hubungan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” kata Walikota yang hadir bersama Plt. Sekda Kota Tegal Dyah Kemala Sintha, SH dan Kepala SKPD di Lingkungan Pemkot Tegal.
Dalam kesempatan itu, Walikota juga menyebutkan ajaran-ajaran Al Quran. Salah satunya mengajarkan tanggung jawab sosial kepada setiap orang yang memiliki harta dan kekayaan. Untuk itu bagi orang mampu agar dapat membantu kaum dhuafa agar keluar dapat keluar dari lingkaran kemiskinan.
“Kita diwajibkan untuk menyantuni mereka dengan mengeluarkan zakat, serta anjuran memberikan infaq dan sodaqoh. Melalui zakat, infaq dan shodaqoh itulah kita dapat ikut mengentaskan kemmiskinan dan melolong saudara kita yang masih dalam kekuranganya.ujarnya (Daryani/MR/99)

IKLAN

Arsip Berita