Home » » BAZNAS DISTRIBUSIKAN ZIS

BAZNAS DISTRIBUSIKAN ZIS

Written By Media Rakyat on Wednesday, 29 June 2016 | 23:02:00

Walikota Berikan ZIS
TEGAL - (Media Rakyat). Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Tegal pentashorufan/ mendistribusikan zakat/infaq/sodaqoh (ZIS) kepada anak yatim, panti, lansia, dhuafa, petugas kebersihan masjid, musholla dan guru Pendidikan Agama Islam TK/RA/SD/MI/SMP/MTs/SMA dan SMK Non PNS/ Non Sertifikasi Negeri se-Kota Tegal.
Pendistribusian ZIS dilaksanakan penyerahan secara simbolis kepada masing-masing perwakilan penerima oleh Walikota Tegal KMT  Hj. Siti Masitha Soeparno dan bersama anggota Forkopimda Kota Tegal dan Ketua Baznas Kota Tegal H. Harun Abdi Manaf, SH, MH, di Pendopo Ki Gede Sebayu Kota Tegal, Senin (27/6).
Harun Abdi Manaf menyebutkan jumlah penerima santunan sebanyak 1.511 orang yang terdiri dari penerima/mustahik baik berupa uang maupun yang berupa paket sembako yang terdata melalui kelurahan-kelurahan dan Kepala Sekolah se-Kota Tegal. Yakni anak yatim non panti sebanyak 270 anak, lansia dhu’afa 270 orang, petugas kebersihan masjid/mushola 539 orang dan guru PAI non PNS/Non Sertifikasi 432 orang.
Pelaksanaan penyerahan bantuan kepada anak-anak yatim non panti/lansia dhuafa dan petugas kebersihan masjid/musholla pada hari Selasa (28/6) sampai Jumat (1/7) di Aula Kecamatan Tegal Timur, Tegal Barat, Tegal Selatan dan Kelurahan Sumurpanggang Kecamatan Margadana untuk memudahkan para mustahik menerima bantuan.
Disamping bantuan untuk mustahik, Baznas Kota Tegal juga memberikan bantuan operasional untuk empat masjid yang mendapat giliran Tarawih dan Silaturahim (tarkhim) Walikota Tegal bersama Forkopimda dan Kepala SKPD terkait. “Masing-masing masjid diberikan bantuan operasional sebesar Rp. 2 juta,” ungkap Harun.
Baznas Kota Tegal juga memberikan bantuan kepada lembaga-lembaga sosial, pendidikan, pembangunan mushola dna organisasi tertentu dengan besaran bantuan bervariasi disesuaikan dengan keuangan yang masih tersisa di Baznas, Pengajjuan proposal akan ditutup pada hari Sabtu (2/7).
“Diperkirakan jumlah mustahik diluar pendataan resmi mencapai 500 orang. Penyerahan bantuan tersebut akan dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 3 Juli di Kantor Baznas” sebut Harun.
Walikota Tegal mengatakan kegiatan pentashorufan ZIS tersebut menjadi penyempurna ibadah puasa yang dilakukan. “Karena memasuki 10 hari terakhir di bulan ramadhan, ibadah puasa kita dihiasi dengan kegiatan pentasharufan zakat, infaq dan sodaqoh yang telah dikumpulkan oleh Baznas Kota Tegal,” kata Walikota.
Walikota dalam kesempatan itu mendorong Baznas selain mendistribusikan zakat, infaq dan sodaqoh yang ditunaikan yang sifatnya konsumtif, seperti memenuhi kebutuhan sehari-hari, yakni menutupi kebutuhan makanan dan sandang, juga perlu dipikir agar dampak positif zakat, infaq dan sodaqoh dapat lebih ditingkatkan lagi.
“Mengingat zakat, infaq dan sodaqoh yang memberikan manfaat untuk kebutuhan sehari-hari akan segera habis, dan mustahiq akan kembali hidup dalam keadaan fakir dan miskin. Untuk itu Baznas Kota Tegal dapat mengembangkan dari zakat yang sifatnya konsumtif menjadi zakat yang sifatnya produktif. Tujuannya agar dapat memberikan dampak yang luas dan nilai manfaatnya dalam jangka yang panjang pada diri mustahiq zakat,” tutur Walikota.
Zakat produktif merupakan bentuk pendayagunaan zakat dengan skenario sebagai bantuan modal tanpa pengembalian atau dengan skenario lain, mustahiq harus memgembalikan modal usaha, itu sifatnya sebagai strategi untuk mengedukasi mereka agar lebih bekerja keras sehigga usahanya berhasil. (Daryani/MR/99)

IKLAN

Arsip Berita