Home » » TIM ANUGERAH PANGRIPTA ABIPRAYA BERKUNJUNG KE PEMALANG

TIM ANUGERAH PANGRIPTA ABIPRAYA BERKUNJUNG KE PEMALANG

Written By Media Rakyat on Monday, 14 March 2016 | 13:43:00

TIM Penilai Anugerah Pangripta Agipraya
PEMALANG – (Media Rakyat). Setelah ditetapkan sebagai salah satu nominator Anugerah Pangripta Abipraya Tahun 2016, Kabupaten Pemalang kedatangan tim penilai dari Provinsi Jateng, Sabtu (12/3/2016).
Kedatangan tim penilai untuk melakukan penilaian Tahap II berupa verifikasi proses penyusunan perencanaan pembangunan (RKPD). Tim beranggotakan Penilai Utama yang berasal dari Bappeda Prov. Jateng dan Penilai Independen yang berasal dari konsultan dan akademisi sebanyak 6 orang.
Penilaian Tahap II yang berupa verifikasi, dilakukan dengan cara diskusi dan wawancara dengan seluruh pemangku kepentingan (stakeholder) proses penyusunan perencanaan pembangunan. Proses tersebut dibagi dalam empat kategori: proses dari bawah ke atas (bottom up), dengan stakeholder camat, organisasi masyarakat, media massa dan swasta. Proses dari atas ke bawah  (top down) dengan stakeholder Kepala SKPD dan Kepala Bidang di Bappeda. Teknokratif dengan stakeholder perguruan tinggi dan lembaga penelitian. Adapun politik dengan stakeholder anggota DPRD serta unsur kreatif oleh Bappeda.
Ketua Tim Penilai Independen Drs. Gunarto, MM mengatakan pihaknya akan berkonsentrasi pada proses bottom up dan unsur inovasi dalam melakukan penilaian Tahap II ini. Penilai proses bottom up Ahmad Syakir Kurnia, SE,M.Si.Phd menilai, proses bottom up penting karena perencanaan pembangunan diharapkan melibatkan masyarakat. Mekanismenya seperti yang diamanatkan undang-undang “melalui Musrenbangdes, Musrenbangcam sampai Musrenbangkab,” terang Akademisi dari Universitas Diponegoro Semarang tersebut.
Acara penilaian yang diadakan di salah satu Hotel di jalan ayani selatan, dibuka Asisten Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Ir. Supriyantopo mewakili Sekda Kab. Pemalang dan dihadiri Sekitar 50 stakeholder.(Heri/MR/99)

IKLAN

Arsip Berita