Home » » UNTUK KELESTARIAN HUTAN PERUM PERHUTANI LAKUKAN MOU DENGAN POLRES PEMALANG

UNTUK KELESTARIAN HUTAN PERUM PERHUTANI LAKUKAN MOU DENGAN POLRES PEMALANG

Written By Media Rakyat on Friday, 26 February 2016 | 15:33:00

Kapolres tandatangani MoU
PEMALANG - (Medaia Rakyat). Polres Pemalang dan Perum Perhutani unit I Jawa Tengah wilayah Pemalang yang membawahi 3 KPH, Pekalongan Timur, Pemalang dan Pekalongan Barat menandatangani MoU Matriks Kerja sama Operasional pada hari Kamis (25/2).
Acara penandatanganan tersebut dihadiri oleh Kodim 0711 Pemalang,Kepala Kejaksaan Negeri Pemlang, ADM perum perhutani Pemalang, KPH Pekalongan Timur dan KPH Pekalongan Barat, Kabag, Pabinjagawana, Kasat, Kapolsek, Polsus/PPNS Perum Perhutani dan Perwakilan LMDH, Bhabinkamtibmas.
Kapolres Pemalang, AKBP Kingkin Winisuda menegaskan" bahwa perjanjian yang telah ditandatangani harus ditindaklanjuti dalam aksi nyata bukan hanya sekedar hitam di atas putih.
“Tugas pengamanan selama ini dilakukan oleh Polsus (Polhut dan polter) dan PPNS, selanjutnya akan mendapat back up dari unsur Polri/TNI melalui keterlibatan Bhabinkamtibmas dengan strategi penerapan perpolisian masyarakat (polmas) yang bersinergi dengan LMDH /Lingkungan Masyarakat Desa Sekitar Hutan. Sebagaimana tertuang dalam UU no 2 tahun 2002 tentang Polri.”  jelas Kapolres.
MOU bertujuan selain menghindarkan pengrusakan hutan seperti pembalakan liar/ilegal-logging, kerusakan ekosistem lainnya akibat bencana alam, juga agar kebijakan, petunjuk dan arahan dari pimpinan dapat dilaksanakan sesuai SOP (Standar Operasional),Upaya awal yang telah dilakukan oleh Polres Pemalang dalam memberikan pelayanan rasa aman kepada masyarakat adalah dengan penggelaran pekuatan personil Polri hingga ke tingkat desa/keluarahan sebagaimana perintah Kapolro dengan sistem SDSB (Satu Desa Satu Bhabinkamtibmas). Dengan maksud agar Polri bisa langsung bersentuhan dengan masyarakat melalui Door to Door system memberikan Bnluh Kmatibmas atau menyerap informasi yang berkaitan gangguan kamtibmas di Lapangan.
Kapolres menambahkan " bahwa peran masyarakat sangatlah penting dalam menjaga hutan, diperlukan sinergitas antara masyarakat dan aparat penegak hukum untuk menyelamatkan kelestarian hutan, sehingga tercipta Kamtibmas yang kita harapkan."tegasnya.(Heri/MR/99)

IKLAN

Arsip Berita