Home » » 430 ANAK IKUT PEMBINAAN KAREKTER DALAM PESTA SIAGA

430 ANAK IKUT PEMBINAAN KAREKTER DALAM PESTA SIAGA

Written By Media Rakyat on Wednesday, 24 February 2016 | 22:18:00

Atraksi anak siaga saat pesta siaga
PEMALANG – (Media Rakyat). Ada beberapa cara atau metode untuk membentuk karakter anak di lingkungan sekolah. Salah satunya dengan kegiatan Pesta Siaga, seperti yang baru-baru ini diadakan oleh Kwaran Pemalang. Kwaran Pemalang mengadakan Pesta Siaga Tahun 2016 di halaman MTs Negeri Pemalang. Sebanyak 430 siswa SD se-Kecamatan Pemalang mengikuti kegiatan yang diadakan selama satu hari tersebut.
Ketua Kwaran Pemalang, Johan Rusadi, S.Pd., M.Pd., mengatakan, kegiatan yang mengambil tema “Pramuka Siaga Cerdas dan Bersahaja” tersebut bertujuan membina karekter anak. Johan menjelaskan, ada tiga belas materi yang diikuti oleh para peserta. “Ketiga belas materi tersebut berkaiatan dengan  agama,  pakaian seragam, pengetahuan umum, tali-temali, menjepret gelas mineral, basket mini, menjodohkan nama lagu kebangsaan,  menjodohkan fungsi tanaman obat keluarga, menjodohkan nama alat perangkat gamelan,  seni budaya, baris berbaris,  bumbung sosial dan semangat barung. Johan berharap melalui pesta siaga ini, para peserta yang terdiri dari anak-anak Pramuka Siaga bisa mandiri, ceria dan bersosialisasi dengan anak lain sekolah”, jelas Johan.
Pada akhir kegiatan ini, tampil sebagai Barung Tergiat Putra adalah SD Negeri 02 Pelutan,  SDIT Buah Hati, dan  SD Negeri 06 Kebondalem. Tampil sebagai Barung Tergiat Putri adalah SD Negeri 02 Pelutan,  SD Negeri 12 Mulyoharjo dan SD Negeri 16 Mulyoharjo. Sementara Piala Bergilir diserahkan kepada SD Negeri 02 Pelutan.
Menurut Johan, Pesta Siaga ini diselenggarakan dengan biaya yang bersumber dari dana gotong-royong Dabin se-Kecamatan Pemalang, anggaran kegiatan Kwaran Pemalang, bantuan dari Mabiran, UPPK Pemalang, Kopergu Andalan, Kopergu Harapan, dan sumbangan dari donator atau sponsor yang tidak mengikat.(Heri/MR/99)

IKLAN

Arsip Berita