Home » » CARA HIDUP SEHAT DAN HEMAT ANAK KOST

CARA HIDUP SEHAT DAN HEMAT ANAK KOST

Written By Media Rakyat on Sunday, 10 January 2016 | 09:09:00



Kesehatan adalah hal yang sangat penting. Setiap orang pasti mendambakan memiliki tubuh, pikiran, serta jiwa yang sehat. Kesehatan adalah keadaan dimana tubuh, jiwa dan pikiran merasa sehat, terhindar dari penyakit serta tidak memiliki beban pikiran yang berat atau stres. Kesehatan mahal harganya, maka dari itu kita harus menjaga kesehatan sebaik mungkin. Menjaga kesehatan sebenarnya dapat dilakukan dengan berbagai cara mulai dari yang paling murah sampai yang mahal sekalipun. Menjaga kesehatan juga dapat dilakukan dengan cara yang sederhana, yaitu dengan menjaga pola makan teratur, mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, hingga rutin melakukan olahraga setiap hari.
Tuntutan pendidikan dan pekerjaan seringkali memaksa kita untuk keluar dari tanah kelahiran, atau dengan kata lain merantau ke kota lain. Di kota baru tersebut, kita perlu membiasakan diri dan beradaptasi. Mulai dari lingkungan tempat tinggal, lingkungan kerja dan pendidikan, hingga makanan sehari-hari. Untuk menjaga kesehatan, kita perlu benar-benar mempertimbangkan tentang kebersihan dan kandungan gizi, serta tingkat higienitas. Di perantauan tentu saja kita akan tinggal di sebuah kost atau rumah sewa/rumah kontrakan dimana kita akan tinggal dengan orang lain yang belum pernah kita kenal sebelumnya. Banyak macam rumah sewa yang ada, yaitu misalnya kost khusus putri, kost putra, dan lain sebagainya.
Tinggal di kost, bukan berarti Anda tidak dapat menerapkan pola hidup sehat demi menjaga kesehatan. Anda dapat memilih kost yang bersih, sirkulasi udara dan ventilasi jendela yang lancar, cukup cahaya yang masuk (tidak terlalu gelap dan pengap), serta lebih teliti dalam membeli makanan. Sebenarnya makanan yang paling baik adalah yang Anda masak sendiri, karena Anda dapat memastikan cara memasaknya, bahan-bahannya, kandungan gizinya, serta tingkat higienisnya. Namun sebagai pekerja atau mahasiswa, tentunya Anda tidak akan memiliki cukup waktu untuk memasak makanan Anda sendiri, kecuali jenis menu masakan yang mudah dan sederhana.
Menerapkan pola hidup sehat di kost sebenarnya cukup mudah. Tentunya dengan menjaga pola hidup sehat ini, akan ada banyak manfaat yang Anda peroleh walaupun Anda tinggal di kost. Manfaat hidup sehat anak kost adalah Anda dapat menjaga kesehatan Anda serta terhindar dari penyakit yaitu dengan cara menerapkan pola hidup sehat. Terdapat beberapa tips seputar kesehatan, gaya hidup anak kost baik pekerja maupun mahasiswa, kost putra dan kost putri, serta manfaat hidup sehat anak kost melalui penjelasan berikut ini.
1.      Makan Teratur
Tidak masalah makan hanya dua klai sehari, yang penting teratur dan tidak sembarang makan. Disitu lapar disitu makan karena dapat menyebabkan proses kerja lambung yang tidak sehat. Tipsnya adalah : a). Hindari jajan diluar beli yang kurang sehat misalnya beli batagor, gorengan atau jajanan lainnya yang sangat menguras kantong banyak. Lebih baik uangnya dikumpulin untuk membeli buah 1Kg/minggu jadi lebih sehat dan hemat
2.      Masak Nasi Sendiri
Dan disini salah satu faktor yang berpengaruh besar dalam misi hemat kita, coba bayangkan : 1hari = 3x makan
Kalo beli 1x makan = 2000(harga lauk) x3 = 6000/hari
6000 x 30hari   =  120.000/hari
Tuh kan lumayan, kalo masak nasi snediri paling modal beras saja, apalagi berasnya kita bawa dari rumah akan lebih hemat lagi. Dan keuntungannya masak nasi sendiri juga supaya sekalian bisa belajar jadi ibu rumah tangga.
3.      Olahraga
Tidak perlu olahraga keluar kost untuk mendapatkan sehat cukup dilakukan gerakan kecil seperti : a). Bangun tidur lakukan gerakan-gerakan kecil pada setiap persendian badan secara rutin b). Lari-lari kecil ataupun jalan kaki saat menuju kampus bukankah itu lebih sehat dan hemat?
4.      Istirahat
Jangan lupa untuk tetap istirahat karena itu sangat diperlakukan oleh tubuh kita, jadi istirahatlah dengan baik, misalnya : jangan terlalu sering begadang, jika terpaksa karena tugas usahakan untuk membayarnya diwaktu luang (misal tidur siang) agar tubuh tetap kuat menjalani aktivitas.
5.      Puasa Sunah
Sudah jelas, dengan puasa kita mendapat pahalan dan terhindar dari nafsu yang berlebih kita juga bisa berhemat. Karena selama puasa kita bisa menekan penmgeluaran untuk makan, tapi tetap jaga agar kita tidak membeli makanan yang berlebijh untuk buka puasa nanti.
6.      Pulsa
Yang satu ini paling sering hilang kendali karena terkadang anak kost lebih memij;lih untuk isi pulsa dari pada untuk membeli makanan yang bergizi, oleh karena itu mulailah untuk mengatur  keuangan pulsa anda, misalnya : targetkan sebulannya hanya 30.000 untuk pulsa saja. Jadi lebih hemat dan teratur.
7.      Pesan Pengingat
Maksudnya usahakan membuat pengingat agaqr kita berhemat. Seperti catatan kecil dari kertas yang bertuliskan “Hemat!!!, ingat kerja keras kedua orang tuamu” yang ditempel disetiap sudut kostan seperti pada cermin, pintu, lemari atau pada catatan binder kuliahmu. Yang pasti dimanapun bisa menngingatkanmu.
Nah itu adalah tips hemat dan sehat yang dapat saya berikan kepada kalian semua terutama anak kostan. Semoga lebih bermanfaat untukn menjadi patokan pola hidup sehat dan hemat ala anak kost.

IKLAN

 

Arsip Berita