Home » » HADAPI MEA SATPAM HARUS BERKUALITAS

HADAPI MEA SATPAM HARUS BERKUALITAS

Written By Media Rakyat on Wednesday, 30 December 2015 | 21:41:00

Atraksi Satuan Pengamanan dalam HUT SATPAM
PEMALANG  – (Media Rakyat). Dengan tema : “ KITA TINGKATKAN KOMPETENSI PROFESI SATPAM INDONESIA MELALUI PENDIDIKAN YANG BERKUALITAS DALAM MENGHADAPI MASYARAKAT EKONOMI ASEAN “, Hari Ulang Tahun (HUT) Satuan Pengamanan ke – 35 diperingati dengan meriah dan khidmat di halaman Mapolres Pemalang, Rabu (30/12). Upacara HUT Satuan Pengamanan (Satpam) diikuti oleh Pasukan dari TNI, Polri, Satpol PP, Polsus Hutan, Polsus PAS, Senkom Mitra POLRI dan Satu Kompi Satuan Pengamanan sebanyak 120 personel, serta di hadiri oleh Dandim 0711 Pemalang, Kajari, Ketua Pengadilan Negeri, Para Pimpinan Instansi Pemerintah / Swasta pengguna Satpam, Wakapolres Kompol PRAWOKO, S.E., para Kabag, Kasat dan Kapolsek beserta jajarannya.
Kapolres Pemalang AKBP KINGKIN WINISUDA, S.H., S.I.K., selaku Inspektur Upacara membacakan amanat tertulis KAPOLRI menegaskan bahwa POLRI yakin dan optimis, melalui upaya yang sinergis, simultan dan berkesinambungan, dengan telah dibekalinya kursus spesialisasi di bidang Industrial Security, kinerja personel Satpam akan semakin dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, khususnya situasional dalam menghadap Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang akan diberlakukan mulai tahun 2016 yang akan datang.
MEA akan memberikan kesempatan seluas – luasnya kepada investor asing dan dalam negeri untuk menanamkan modalnya diberbagai bidang, namun disisi lain kita juga harus waspada bahwa masuknya komoditi asing dengan harga dan kualitas yang belum kita ketahui, sekaligus masuknya tenaga kerja asing yang akan berdampak pada semakin sempitnya peluang bagi tenaga kerja lokal serta meningkatnya pengaruh budaya asing di masyarakat. Kondisi tersebut tentu saja akan berakibat timbulnya berbagai potensi ancaman dan gangguan Kamtibmas. Apabila kita tidak mampu mengantisipasi dan mengelola dengan baik, maka hal ini dapat berkembang menjadi gangguan nyata yang dapat merusak stabilitas Kamtibmas.
Menyadari beratnya tugas dan tanggung jawab yang diemban, POLRI memerlukan dukungan dan peran serta dari seluruh komponen masyarakat yang ada serta peran aktif dari semua potensi keamanan termasuk didalamnya Satuan Pengamanan sebagai pengemban fungsi Kepolisian terbatas, sesuai Pasal 3 ayat (1) UU RI Nomor : 02 Tahun 2002 yaitu “ POLRI sebagai pengemban fungsi Kepolisian dibantu oleh Kepolisian Khusus dan bentuk – bentuk Pengamanan Swakarsa “. 
Selesai upacara dilanjutkan dengan peragaan ketrampilan Satpam dalam menggunakan tongkat POLRI, borgol dan beladiri POLRI  untuk melumpuhkan pelaku kejahatan, tepuk tangan gemuruh sebagai bentuk apresiasi dari Kapolres Pemalang, Tamu undangan peserta upacara, di penghujung peragaan yang ditampilkan oleh Satpam dari PTPN IX Semugih – Pesantren – Moga. Kemudian kegiatan diteruskan dengan tasyakuran pemotongan tumpeng oleh Kapolres Pemalang di aula Bhayangkara Polres Pemalang, selanjutnya tumpeng di serahkan kepada perwakilan Satpam Putra tertua dan Satpam wanita termuda.
Dalam usianya yang ke – 35, semoga Satuan Pengamanan mampu berkiprah dan menampilkan kinerja yang lebih optimal dalam rangka membantu POLRI untuk menciptakan dan memelihara stabilitas Kamtibmas yang kondusif dan mantab.(Heri/MR/99)

IKLAN

 

Arsip Berita