Home » » BINLUH KESELAMATAN PENUMPANG ANGKUTAN

BINLUH KESELAMATAN PENUMPANG ANGKUTAN

Written By Media Rakyat on Saturday, 19 December 2015 | 13:18:00

Binluh Awak Angkot dan Angkudes
PEMALANG – (Media Rakyat).-19/12/2015 Sat Lantas Polres Pemalang dan Dishubkominfo Kabupaten Pemalang Senin (14/12) mengadakan pembinaan dan penyuluhan kepada para awak angkutan kota (ANGKOT) dan angkutan pedesaan (ANGKUDES) di Terminal angkot Pasar Pagi Pemalang. Kegiatan dimaksud sengaja diadakan di lokasi terminal angkot, selain agar pesertanya bisa optimal juga untuk memudahkan para awak angkot dan angkudes berkumpul, serta tidak perlu libur kerja.
Kasat Lantas yang diwakili oleh Kanit Dikyasa Ipda SHOLICHIN JT dalam binluhnya meminta kepada seluruh awak Angkot dan Angkudes, agar mengutamakan keselamatan para penumpang dan pengguna jalan yang lain, seperti contoh saat mengangkut penumpang pintu harus ditutup dan saat berhenti menaikan, menurunkan penumpang, wajib memperhatikan dan menghormati pengguna jalan lainya, jangan asal main potong dan berhenti mendadak tidak cukup kekiri, menepi. Disamping itu, masih banyaknya kendaraan angkutan umum yang ugal – ugalan dijalan karena berebut mencari penumpang, hal ini sangat membahayakan keselamatan angkutan itu sendiri, penumpang dan pengguna jalan lainya.
Dengan diadakanya pembinaan dan penyuluhan ini, kedepanya diharapkan agar para awak angkutan umum perkotaan dan pedesaan, benar – benar mengutamakan faktor keselamatan dan ketertiban umum, dengan memperhatikan beberapa hal, antara lain : Pengemudi wajib memiliki SIM Umum sesuai peruntukanya, karena Surat Ijin Mengemudi (SIM) merupakan bukti kompetensi berkendara, persiapkan dokumen kendaraan (STNK & Buku Kir), mengangkut penumpang agar tidak berjejal dan melebihi kapasitas yang diijinkan, dan yang tidak kalah penting lakukan cek, kontrol kondisi kendaraan sebelum beroperasi (sekaligus jangan lupa cek uji kelayakan kendaraan secara berkala ke Dinas Perhubungan).
Kasat Lantas melalui Kanit Dikyasa memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada para awak angkutan umum, pedesaan yang sudah tertib dalam berlalu lintas. Jadilah pelopor keselamatan berlalu lintas dan budayakan keselamatan sebagai kebutuhan, untuk menuju Indonesia tertib, Bersatu keselamatan nomor satu." tegasnya (Heri/MR/99)

IKLAN

 

Arsip Berita