Home » » MINUMAN OLAHAN NANAS PEMENANG UKM AWARD 2015

MINUMAN OLAHAN NANAS PEMENANG UKM AWARD 2015

Written By Media Rakyat on Tuesday, 24 November 2015 | 20:26:00

Bupati memegang penghargaan UKM Awards 2015
PEMALANG - (Media Rakyat). (23/11) Melalui kerja keras UKM Fans Food di Desa Sikasur Kecamatan Belik, ditunjang dengan pembinaan dan dukungan dari Pemerintah Daerah akhirnya membuahkan hasil. Industri rumahan yang mengolah buah nanas menjadi berbagai hasil olahan pangan seperti minuman, koktail, sirup dan lainnya berhasil merebut penghargaan dari Kementrian Perdagangan sebagai pemenang UKM Award 2015 kategori hasil olahan buah-buahan tropis Indonesia melalui produk sirup koktail nanasnya.
   Fani, pemilik UKM Fans Food, mengungkapkan pada sejumlah wartawan senin (23/11) " jika wilayah Pemalang selatan memang dikenal sebagai penghasil buah nanas, sehingga ia tertarik untuk menjadi bahan olahan. Meski demikian tidak semua buah Nanas bisa dipakai, akan tetapi yang berkualitas super saja, sehingga kualitasnya terjamin.
   Dalam sehari setidaknya 200 buah Nanas diperlukan untuk membuat 130 dus minuman nanas dengan isi masing-masing 24, selama ini memang pemasaran terbesar baru lokal Pemalang dan beberapa dijadikan buah tangan dengan nama produk Vitanas. Pihaknya masih terkendala untuk pengemasan secara modern dan kapasitas besar, karena harga mesin yang cukup mahal.
"Untuk harga koktail Rp 6 Ribu, Minuman Rp 4 Ribu dan Sirup 15 Ribu. Kemarin kami memang maju di tingkat Provinsi dan kemudian dikirim ke lomba Tingkat Nasional dan berhasil meraih penghargaan,"jelasnya.
    Bupati Pemalang H Junaedi, SH, MM yang menyempatkan diri meninjau langsung produk Vitanas menjelaskan, jika pemerintah daerah memang memberikan perhatian dan bimbingan pada semua potensi daerah yang ada termasuk buah Nanas. Sehingga dapat menjadi produk unggulan daerah yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.
    "Perhatian yang diberikan selain melalui bimbingan juga melalui pengikutsertaan dalam pameran-pameran sehingga lebih dikenal, selain itu juga untuk buah tangan sehingga lambat laun akan semakin dikenal masyarakat tidak hanya di Pemalang tetapi juga luar daerah Pemalang,"jelasnya.
    Meski demikian Junaedi juga berpesan kepada semua pelaku UKM di Kabupaten Pemalang untuk selalu menjaga kualitas produksinya masing-masing, sehingga dengan terjaminya kualitas maka produk akan mampu bersaing dengan produk-produk lain.(Heri/MR/99)

IKLAN

 

Arsip Berita