Home » » KKP TINGKATKAN KAPASITAS SDM KELAUTAN DAN PERIKANAN DI BANYUWANGI

KKP TINGKATKAN KAPASITAS SDM KELAUTAN DAN PERIKANAN DI BANYUWANGI

Written By Media Rakyat on Thursday, 12 November 2015 | 15:21:00

Banyuwangi (Media Rakyat) Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Pemberdayaan Masyarakat Kelautan dan Perikanan (BPSDMP KP), Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), terus melakukan peningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM), melalui pendidikan, pelatihan, dan penyuluhan di sektor kelautan dan perikanan. Program ini dilakukan bagi masyarakat di berbagai daerah, salah satunya di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, yang menjadi lokasi kunjungan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, Selasa (10/11).
Usai menjadi narasumber orasi ilmiah di Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya, Menteri KP bertolak ke Banyuwangi untuk melakukan kunjungan kerja di Balai Pendidikan dan Pelatihan Perikanan (BPPP) Banyuwangi, salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) BPSDMP KP. Pada kunjungan kerja tersebut, Menteri KP secara simbolis menyerahkan bantuan Pengembangan SDM dan Pemberdayaan Masyarakat Kelautan dan Perikanan (PSDMP KP), yang terdiri dari bantuan pendidikan, pelatihan, dan penyuluhan, di samping bantuan-bantuan lainnya.
Bantuan pendidikan bagi Kabupaten Banyuwangi diberikan kepada 12 anak pelaku utama/usaha sektor kelautan dan perikanan (nelayan, pembudidaya dan pengolah ikan, serta petambak garam) untuk menempuh pendidikan di Sekolah Tinggi Perikanan (STP) Jakarta sebanyak 4 orang dan Politeknik Kelautan dan Perikanan (Poltek KP) Sidoarjo sebanyak 8 orang. Total bantuan pendidikan anak pelaku utama bagi kabupaten ini tahun 2015 senilai Rp 84,8 juta.
Pendidikan yang dilakukan BPSDMP KP menggunakan sistem pendidikan vokasi dengan pendekatan teaching factory pada satuan pendidikan yang terdiri dari 1 STP di 5 kampus, 3 Poltek KP, dan 9 Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM). Porsi praktik sebesar 60% dan teori 40% untuk pendidikan tinggi serta praktik 70% dan teori 30% untuk pendidikan menengah.
Sementara itu, bantuan pelatihan di Banyuwangi diberikan bagi 130 orang. Pelatihan ini terdiri dari Pelatihan Pembenihan Ikan Nila sebanyak 3 angkatan oleh Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan (P2MKP) Dunia Air; Pelatihan Pembesaran Ikan Lele sebanyak 5 angkatan oleh P2MKP Raja Lele; Pelatihan Pengolahan Ikan sebanyak 2 angkatan oleh P2MKP Bintang Jaya; serta Pelatihan Penangkapan Ikan Ramah Lingkungan oleh BPPP Banyuwangi. Total bantuan pelatihan di Banyuwangi tahun 2015 senilai Rp 388,8 juta.
Pelatihan dilakukan BPSDMP KP melalui 6 Balai Diklat dengan wilayah kerja mencakup seluruh Indonesia. BPPP Banyuwangi menjadi salah satu lokasi taman teknologi (technopark) kelautan dan perikanan yang menjadi fokus kunjungan Menteri KP kali ini. Technopark di BPPP Banyuwangi memiliki keunggulan di bidang sertifikasi kompetensi, budidaya ikan sidat, produksi  garam, budidaya udang, dan pengolahan produk. Technopark ini merupakan salah satu dari 24 technopark kelautan dan perikanan yang dibangun secara bertahap pada 2015-2019.
Di samping bantuan pendidikan dan pelatihan, BPSDMP KP juga menyelenggarakan penyuluhan bagi masyarakat, termasuk di Banyuwangi, dengan berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah setempat. Menurut data Sistem Informasi Manajemen Penyuluhan Kelautan dan Perikanan (Simluh KP) per hari ini, terdapat 29 penyuluh perikanan di Banyuwangi. Mereka terdiri dari 2 penyuluh PNS, 7 Penyuluh Perikanan Bantu (PPB), dan 20 penyuluh swadaya. Jumlah tersebut merupakan bagian dari 13.763 penyuluh perikanan seluruh Indonesia, yang terdiri dari 3.261 penyuluh PNS, 1.342 PPB, 8.818 penyuluh swadaya, 211 PPB daerah, 40 penyuluh swasta, dan 91 penyuluh honorer. Mereka bertugas melakukan pendampingan dan bimbingan bagi masyarakat pelaku utama/usaha di sektor kelautan dan perikanan, mencatat data dan permasalahan di lapangan untuk di sampaikan ke pusat, serta bertindak sebagai Konsultan Keuangan Mitra Bank (KKMB) sebagai jembatan antara pelaku utama/usaha dengan perbankan dalam mengembangkan usahanya. (Tim/MR/99)

IKLAN

 

Arsip Berita