Home » » KKP GELAR EXPO PENDIDIKAN LUAR NEGERI

KKP GELAR EXPO PENDIDIKAN LUAR NEGERI

Written By Media Rakyat on Wednesday, 18 November 2015 | 11:46:00

Jakarta (Media Rakyat) Dalam rangka percepatan peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) aparatur Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Badan Pengembangan SDM dan Pemberdayaan Masyarakat Kelautan dan Perikanan (BPSDMP KP) menyelenggarakan kegiatan Marine Fisheries Education Expo 2015, yang berlangsung selama dua hari dari tanggal 17-18 November 2015, di Ballroom KKP, Jakarta Pusat.
Expo bertujuan untuk membantu memfasilitasi PNS di lingkungan KKP untuk menempuh pendidikan S2 dan S3 serta pendidikan non gelar di lembaga pendidikan luar negeri. Kegiatan ini juga dimaksudkan untuk memfasilitasi komunikasi PNS calon penerima beasiswa dengan institusi pendidikan di luar negeri dan lembaga pelatihan bahasa untuk kesiapan berbahasa asing calon penerima beasiswa.
Eksibitor expo berasal dari 11 negara, yakni Amerika Serikat, Australia, Belgia, Inggris, Jepang, Kanada, Korea Selatan, Norwegia, Perancis, Selandia Baru, dan Taiwan. Universitas dari negara-negara eksibitor tersebut terdiri dari 7 universitas di Australia dan Selandia Baru, 22 universitas di Kanada, 67 universitas di Inggris, 100 universitas di Amerika Serikat, Belgia, Jepang, Korea Selatan, Norwegia, dan Taiwan, dengan jumlah keseluruhan sebanyak 201 universitas.
Para pengunjung expo dapat berkomunikasi langsung dengan para peserta eksibitor di berbagai stand serta memilih bidang studi dan lembaga pendidikan yang diinginkan sesuai dengan minat serta latar belakang pendidikan dan bidang pekerjaan masing-masing.
Rangkaian kegiatan expo antara lain meliputi pameran pendidikan S2 dan S3 di luar negeri, seminar pendidikan, try out IELTS prediction pada pelaksanaan expo bagi 140 orang, try out IELTS prediction pada 5 Desember bagi 100 orang, try out TOEFL prediction Pusat Pendidikan Kelautan dan Perikanan bagi 100 orang, peningkatan nilai IELTS sebanyak 50 jam per 5 minggu dengan sistem karantina pada Desember 2015, serta pendampingan keberangkatan pendidikan S2 pada Maret 2016.
Berdasarkan pendaftaran online melalui website http://edu-expo-kkp.eventbrite.com, per tanggal 17 November 2015 Pukul 12.00 WIB, tercatat 450 orang PNS KKP telah mendaftar untuk hadir pada pelaksanaan expo. Jumlah ini akan terus bertambah seiring dengan belum selesainya pelaksanaan expo.
Pada akhir kegiatan dapat diperoleh data base kesiapan PNS lingkup KKP untuk mengikuti seleksi beasiswa S2 dan S3 di luar negeri, yang terdiri dari kesiapanak ademis dan kesiapan kemampuan berbahasa asing, antara lain melalui tes TOEFL dan IELTS. Melalui pendidikan S2, S3, dan non gelar di luar negeri, diharapkan dapat meningkatkan kapasitas SDM aparatur PNS lingkup KKP dalam rangka meningkatkan kinerja dan profesionalisme yang lebih baik lagi untuk kemajuan KKP dalam menjalankan program dan kegiatannya bagi kesejahteraan masyarakat di sektor kelautan dan perikanan. (Na/MR/99)

IKLAN

Arsip Berita