Home » » POLRES PEMALANG GELAR ZEBRA CANDI - OPS 2015

POLRES PEMALANG GELAR ZEBRA CANDI - OPS 2015

Written By Media Rakyat on Saturday, 24 October 2015 | 12:03:00

Kapolres tinjau kesiapan
PEMALANG - ( Media Rakyat ).Sebagai tindak lanjut dari program Nawacita Presiden RI yaitu hadirnya anggota POLRI di tengah – tengah masyarakat, untuk melindungi segenap bangsa dan negara, maka POLRI menyelenggarakan Operasi Khusus Kepolisian terpusat yang dilaksanakan diseluruh wilayah Republik Indoesia.
        Satuan Tugas Polres Pemalang dengan didukung oleh Instansi terkait menyelenggarakan Operasi Kepolisian Terpusat dengan Sandi ” ZEBRA CANDI – 2015 ” selama 14 (empat belas) hari di wilayah hukum Polres Pemalang.
        Operasi Kepolisian Zebra Candi dilaksanakan mulai hari Kamis (22/10) dan berakhir Rabu (4/11) bersifat terbuka, dalam rangka pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat, mengedepankan fungsi lalu lintas POLRI dan didukung fungsi opsnal Kepolisian lainya, dengan prioritas penegakan hukum secara transparan dan adil, disertai kegiatan preemtif dan preventif, untuk mewujudkan Kamseltibcarlantas yang mantap, tertib dan lancar.
        Berdasarkan perbandingan data pelanggaran lalu lintas di seluruh wilayah Indonesia, bulan Januari s/d September tahun 2013 (Ditilang 593.011 kasus dan Teguran 713.082 kasus = Jumlah 1.306.093 Kasus) dan bulan Januari s/d September 2014 (Ditilang 642.928 kasus dan Teguran 808.806 kasus = Jumlah 1.451.734 Kasus), serta data Kecelakaan Lalu Lintas diseluruh wilayah Indonesia, tahun 2013 sebanyak 12.391 Kasus dengan korban meninggal dunia 1.719 Orang dan Laka Lantas tahun 2014 sebanyak 13.038 Kasus dengan korban meninggal dunia 2.190 orang. Angka pelanggaran, kecelakaan dan korban meninggal dunia mengalami kenaikan, untuk itu guna menekan pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas, diselenggarakan operasi khusus kepolisian terpusat, yang di laksanakan di seluruh wilayah RI.
       Guna mendukung lancarnya pelaksanaan Operasi Kepolisian Zebra Candi – 2015, pada hari Rabu (21/10) Kapolres Pemalang AKBP KINGKIN WINISUDA, S.H., S.I.K. memimpin pelaksanaan gelar Latihan Pra Operasi di Aula Bhayangkara, yang diikuti oleh 58 (lima puluh delapan) orang personil yang terlibat dan diharapkan seluruh anggota pelaksana mampu melaksanakan tugas secara optimal.
       Gelar Pasukan, Kamis (22/10) Kapolres Pemalang AKBP KINGKIN WINISUDA, S.H., S.I.K. bertempat di halaman Mapolres, memimpin apel gelar pasukan Ops Kepolisian Zebra Candi -2015. Apel diikuti oleh seluruh staf Mapolres dan di hadiri Wakapolres Kompol PRAWOKO, S.E., Para Kabag, Kasat dan Kapolsek Jajaran Polres.
       Dalam Amanat Kakor lantas POLRI yang dibacakan Kapolres Pemalang menegaskan bahwa Permasalahan Lantas dan angkutan jalan telah berkembang sangat pesat, perkembangan ini sebagai akibat dari tingginya pertumbuhan penduduk dan jumlah kendaraan. Ditambah lagi kurangnya disiplin masyarakat untuk tertib berlalu lintas, hal ini berdampak pada tingginya pelanggaran lalu lintas dan berimbas pula pada tingginya angka kecelakaan lantas, terutama yang mengakibatkan korban jiwa dan kerugian materiil. Guna antisipasi dan menekan kejadian diatas, diselenggarakanlah Ops Zebra Candi - 2015. Kegiatan ini sekaligus merupakan rangkaian cipkon jelang pilkada serentak tahun  2015 dan Ops Lilin dan tahun baru 2016.
       Ops Zebra ini diharapkan akan dapat mendorong tercapainya tujuan, Meningkatnya disiplin masyarakat dalam berlalu lintas di jalan raya. Meminimalisasi pelanggaran dan kecelakaan lantas. Menurunya tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas. meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap POLRI, dengan terbentuknya opini positif dan citra tertib dalam berlalu lintas. Terwujudnya situasi kamseltibcarlantas menjelang perayaan Natal Tahun  2015 dan Tahun Baru 2016.
       Akhir sambutan, ditekankan kepada seluruh anggota pelaksana giat ini dan guna optimalisasi, Siapkan mental fisik dengan dilandasi komitmen moral dan disiplin kerja yang tinggi serta waspada jaga keamanan, keselamatan dan kesehatan diri dalam melaksanakan tugas. Bertindaklah secara tegas namun humanis terhadap setiap pelanggar hukum yang berpotensi menimbulkan gangguan Kamseltibcarlantas.
       Pada kesempatan yang baik ini,Kapolres Pemalang menghimbau dan mengajak seluruh warga masyarakat di Kabupaten Pemalang dan sekitarnya, untuk men-Jadi pelopor keselamatan berlalu lintas dan jadikan keselamatan sebagai kebutuhan.(Heri/MR/99)

IKLAN

 

Arsip Berita