Home » » KERETA KENCANA DAN PUSAKA DI JAMAS

KERETA KENCANA DAN PUSAKA DI JAMAS

Written By Media Rakyat on Tuesday, 27 October 2015 | 13:52:00

Benda Pusaka
PEMALANG - (Media Rakyat).Benda Pusaka milik Kabupaten Pemalang yang berupa Keris Stapak, Simonglang, dan Kyai Plered, bahkan dua kereta kencana yang dinamakan Kyai Seto Mraman dan Kyai Turonggojati Jum'at (23/10) dijamas.
           Kegiatan Penjamasan benda pusaka tersebut dilakukan di belakang Rumah Dinas Bupati Pemalang, dengan prosesi diawali dengan pembacaan do'a bersama dan dilanjutkan dengan membasuh benda pusaka berupa keris, tombak menggunakan air dengan kembang, setelah pusaka keris dan tombak lalu dilanjutkan mencuci kereta kencana Kyai Seto Mraman dan Kyai Turonggojati satu persatu hingga bersih, dan dilakukan oleh petugas yang sudah terbiasa melakukan jamas.
          Benda pusaka yang dijamas setiap tahun sekali ini seperti Kereta Kyai Seto Mraman dan Kyai Turonggojati, yang rutin digunakan untuk kegiatan hari jadi Pemalang setiap tanggal 24 Januari. Penjamasan selain untuk melestarikan budaya juga agar benda-benda pusaka tersebut tetap bersih dan terpelihara, ketika menjelang HUT Kabupaten Pemalang kereta kencana tersebut dalam kondisi siap pakai.
          KRAT Purwanto Condronegoro selaku penjamas mengatakan " Kegiatan penjamasan lima pusaka dan dua Kereta Kencana rutin dilakukan setiap tahun pada tanggal 10 Bulan Suro. dan setelah dijamas benda-benada tersebut akan disimpan kembali pada tempatnya yang sudah disediakan " ini dimaksudkan untuk budaya jawa dan menyakralkan benda-benda pusaka.(Heri/MR/99).

IKLAN

Arsip Berita