Home » , » BPPT DUKUNG PILKADES E- VOTING DI PEMALANG

BPPT DUKUNG PILKADES E- VOTING DI PEMALANG

Written By Media Rakyat on Friday, 9 October 2015 | 12:27:00

Sosialisasi Pilkades E-Voting
PEMALANG - (Media Rakyat) Badan Pengembangan Pengakajian Informasi (BPPT) Jakarta, mendukung pelaksanaan Pilkades dengan menggunakan sistem elektronik (e-voting) yang akan di gelar di sejumlah desa di wilayah Kabupaten Pemalang nanti. Bentuk dukungan tersebut yakni, penandatanganan Mo U kerjasama Pemkab Pemalang dengan BPPT  beberapa waktu yang lalu.
Selain itu, Pemkab Pemalang, bekerjasama dengan BPPT menggelar sosialisasi e- voting Pilkades yang diselenggarakan pada hari ini, Selasa, (6/10 ), di pendopo Kabupaten Pemalang.
Sosialosasi tersebut, menurut Kabag Tata Pemerintahan Setda Kab Pemalang,  Wahyu Sukarno selaku penyelenggara, sosialisasi tersebut bertujuan untuk memberikan informasi secara dini kepada masyarakat agar dapat memberi pencerahan dalam pelaksanaan Pilkades mendatang.
Sementara Bupati Pemalang H.Junaedi,SH,MM dalam sambutan, yang dibacakan staf ahli Bupati bidang Kemasyarakatan DR.Supaat menyebutkan, pilkades secara e-voting merupakan hal baru yang dikenal masyarakat karena perkembangan IPTEK, maka dari itu, pihaknya menggelar sosialisasi pada hari ini.
Sebelum itu pihaknya memutuskan akan menggelar pilkades dengan menggunakan e-voting, Pemkab Pemalang telah melakukan beberapa kegiatan seperti, beberapa kali melakukan kunjungan ke BPPT RI, kunjungan ke kabupaten yang telah menggelar pilkades dengan metode e-voting dan kajian mengenai kelebihan dan kekurangan pilkades dengan e-voting, pihaknya juga melakukan kajian tentang pilkades e- voting dari 9 aspek yakni, aspek yuridis, politis, sosiologis, administrasi, anggaran, kerahasiaan, kepastian pilihan, keamanan dan ketertiban serta lingkungan.
Tidak hanya itu, pemkab juga akan melakukan berbagai kesiapan lainnya seperti, kesiapan regulasi, MoU pemkab dengan BPPT. pengajuan anggaran pengadaan peralatan e-voting sebanyak 60 unit pada tahun anggaran 2016, serta kesiapan pengajuan anggaran penyelenggaraan pilkades tahun 2016.
Pada sosialisasi yang diikuti desa – desa yang akan menyelenggarakan pilkades e-voting, sejumlah SKPD dan dihadiri Forpomda tersebut, diisi juga dengan uji coba pencoblosan secara e- voting yang dipandu oleh nara sumber dan teknisi dari BPPT RI. (Heri/MR/99

IKLAN

 

Arsip Berita