Home » » POLRES PEMALANG GELAR PASUKAN OPS KETUPAT CANDI 2015

POLRES PEMALANG GELAR PASUKAN OPS KETUPAT CANDI 2015

Written By Media Rakyat on Friday, 10 July 2015 | 17:29:00

Kapolres dan Bupati Pemalang saat memeriksa Pasukan (Foto heri).
      PEMALANG - (Media Rakyat). Polres Pemalang melaksanakan Apel Gelar Pasukan Pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1436 H Tahun 2015 di alun – alun kota Pemalang Kamis (9/7) . Apel diikuti oleh seluruh personil yang terlibat Operasi antara lain dari Polres, Kodim 0711, POM AD / AL, Dishub, Satpol PP, Senkom, ORARI / RAPI, Damkar, Dinkes dan Linmas, 
      Dalam acara tersebut hadir Bupati Pemalang H. JUNAEDI, S.H. M.M beserta unsur Forpimda Kabupaten Pemalang, Wakapolres Kompol PRAWOKO, S.E beserta seluruh Pa Staf Polres dan Kapolsek Jajaran, Kadishubkominfo, Kadis Parbud, Kasatpol PP, Ka DPU, Kakankesbangpolinmas, Ka PMI, Ka Desan Saka Bhayangkara, Ka Orari / Rapi, Ka Set KA Pemalang, Comal dan Petarukan, Ka Terminal Induk, Ka MUI dan Ka FKUB Pemalang. 
      Apel di awali dengan pengecekan / pemeriksaan sarana prasarana transportasi baik roda dua maupun roda empat, serta kelengkapan lainya oleh Bupati Pemalang beserta unsur Forpimda dan seluruh tamu undangan yang hadir. 
        Dalam amanat Kapolri yang dibacakan oleh Kapolres Pemalang AKBP DEDI WIRATMO, S.I.K menegaskan bahwa apel gelar pasukan ini diselenggarakan secara serentak di seluruh Polda / Polres guna mewngecek kesiapan akhir pengamanan hari raya Idul Fitri terutama terkait dengan kekuatan Personel, Kelengkapan peralatan, Sarana prasarana dan kesiapan Institusi lain yang terlibat,sebelum bertugas dilapangan. 
       Diharapkan rencana operasi ini dapat dilaksanakan dengan baik dan mampu mendorong sinergitas seluruh Stakeholders, sehingga penyelenggaraan Ops Ketupat – 2015 dapat berjalan dengan sukses dan masyarakat dapat merayakan Lebaran / Hari Raya Idul Fitri tahun 2015 secara aman, nyaman, tertib dan penuh khidmat. 
       Berdasarkan data Ops Ketupat tahun 2013 tercatat 3.675 kasus dan tahun 2014 tercatat 3.057 kasus kecelakaan, sehingga terjadi penurunan sebanyak 618 kasus atau 16,81 %. Paling tinggi terjadinya angka kecelakaan lantas adalah Jalur Pantura, jenis kendaraan roda dua dan roda empat, beberapa faktor penyebabnya antara lain : Manusia, Alam, Kelaikan kendaraan, Kondisi jalan, Faktor Prasarana jalan dan sebagainya. Mempertimbangkan hal – hal diatas, Polres Pemalang mempersiapkan pelibatan 496 orang personel pelaksana yang terdiri dari Polres 266 orang, Kodim 0711 Pemalang 27 orang, POM AD 4 orang, POM AL 4 orang, Satpol PP 27 orang, ORARI / RAPI / SENKOM 9 orang, Dishub 27 orang, Pramuka Saka Bhayangkara 30 orang, Pemadam kebakaran 27 orang, Dinas Kesehatan 27 orang dan Linmas 48 orang. Dan menyiapkan 3 (tiga) Pos Pelayanan antara lain di Comal, Pemalang dan di Randudongkal, serta 27 (dua puluh tujuh) Pos Pengamanan dan diisi Personil Polri selama 1 x 24 jam penuh selama masa operasi yaitu 16 hari mulai dari tanggal 10 Juli 2015 jam 00.00 Wib sampai dengan tanggal 25 Juli 2015 jam 24.00 Wib. 
       Mengingat mobilitas orang, barang, transportasi dan transaksi menjelang, saat dan pasca lebaran sangat meningkat, diharapkan seluruh warga masyarakat untuk lebih berhati – hati dan waspada dalam segala hal. "Kepada para pemudik motor dan mobil dihimbau, agar tertib dan taat terhadap semua aturan lalu lintas, jangan memaksanakan diri dan dipersilahkan istirahat yang cukup di Rest Area yang sudah kami persiapkan", tambah Kapolres Pemalang .(heri). 

IKLAN

Arsip Berita