Home » » TIM SAR MUHAMMADIYAH JALANI PELATIHAN BERSAMA

TIM SAR MUHAMMADIYAH JALANI PELATIHAN BERSAMA

Written By Media Rakyat on Friday, 15 May 2015 | 08:08:00

AnggotaTim SAR Muhammadiyah  saat mengikuti pelatihan kemampuan dasar relawan siaga bencana di Desa Banyumudal Kec. Moga.
    PEMALANG (Media Rakyat). Tim SAR Muhammadiya dari Pemalang ,Banyumas, Purbolingga, dan Batang melaksanakan pelatihan kemampuan dasar di hutan Dukuh Tumanggal Desa banyumudal Kecamatan Moga. 
     Pelatuhan dengan berbagai materi tersebut upaya pengkaderan relawan agar siaga terhadap bencana, khususnya melalui Lembaga Penanggulangan Bencana (LPB) Muhammadiyah.
        Disaster Managemen Center (MDMC). dr HM Maezi Ze selaku Ketua LPB PD Muhammadiyah didampingi Sekretaris Erwin Ediyanto Erapraja SH SPd,saat ditemui Wartawan dilokasi pelatihan Kamis (14/5) menjelaskan bahwa dengan adanya diselenggarakan pelatihan ini dari tanggal 13 sampai 17 mei yang diikuti sejumlah relawan dari berbagai kota yang memenuhi syarat usia 17 tahun dan maksimal 40 tahun, khusus MA, SMK minimal 15 tahun. 
     MDMC sendiri terdiri dari bagian unsur yakni 1. SAR yang diterjunkan langsung begitu ada bencana, 2. psikososial yang menangani psikologi para korban bencana.juga ada darurat medis comitte yang aka menangani secara medis terhadap para korban bencana, dan yang terakhir comdev yaitu yang menangani infrastuktur pasca bencana. 
      Untuk Materi pendidikan SAR Dasar gunung rimba yang pertama dilakukan di lereng Gunung Slamet, yang terdiri dari berbagai macam materi dan wawasan SAR, navigasi darat, Survival, E SAR, P3K,semua materi diberikan secara teori dan juga dilanjutkan dengan praktek,sehingga diharapkan semua peserta akan menguasai, dan mampu saat dibutuhkan dilapangan saat terjadi bencana. "Disamping itu juga Kegiatan ini dilakukan dalam rangka menyemarakkan Muktamar Muhammadiyah yang Ke 47 di Makasar." Tegasnya. (heri)

IKLAN

Arsip Berita