Home » » SERING DILALUI DUMP TRUK JALAN DIWILAYAH PAGERBARANG RUSAK PARAK

SERING DILALUI DUMP TRUK JALAN DIWILAYAH PAGERBARANG RUSAK PARAK

Written By Media Rakyat on Wednesday, 29 April 2015 | 09:54:00

Kondisi jalan Pagerbarang menuju Jatibarang yang mengalami kerusakan yang cukup parah.
    Slawi (Media Rakyat), Jalan dari Pagerbarang menuju Jatibarang dan Jatibarang menuju Balapulang rusak parah , kondisi di dua ruas jalan tersebut sangat memprihatinkan. Aspal sudah banyak yang mengelupas, dan badan jalan sudah banyak yang berlubang, hal tersebut dikarenakan sering digunakan sebagai jalur perlintasan dump truk dari Margasari menuju Brebes. 
      Untuk itu, warga meminta supaya dua ruas jalan tersebut segera diperbaiki karena dikhawatirkan dapat menimbulkan korban jiwa karena saat ini, jalan itu sudah hampir 90 persen rusak parah.
      Anggota Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DPRD Kabupaten Tegal, Sayuti, saat meninjau kondisi jalan tersebut  menyatakan bahwa kondisi di ruas jalan tersebut sepertinya sudah tidak laik dilalui kendaraan, sebab kedalaman lubang sudah mencapai 60 centimeter dan diameter sekitar 1,5 meter. Bahkan, jalur dari Pagerbarang menuju Jatibarang, saat ini ditutup ningga pengendara terpaksa dialihkan melalui Desa Randusari - Surokidul - Pesarean. Imbasnya, kerusakan jalan di tiga desa tersebut semakin parah. "Paling parah di depan SMP Negeri 1 Pagerabarang. Di situ, mobil pernah terbalik karena lubangnya cukup besar," tutur anggota Komisi I ini. 
     Camat Pagerbarang, Bambang Sihana membenarkan tentang adanya dua ruas jalan tersebut memang sudah rusak sejak akhir tahun lalu. Bahkan, saat ini kondisi jalan semakin parah seiring dengan kendaraan dump truk yang kerap melintas di jalur tersebut. Dump truk pengangkut tanah urug dari wilayah Margasari itu, setiap hari selalu menggunakan akses jalan tersebut untuk menuju ke area pembangunan jalan tol di wilayah Pantura. "Semenjak ada dump truk, jalan di sini semakin rusak," ucapnya. 
       Bambang tak menampik, setiap tahun dua ruas jalan utama di wilayah Kecamatan Pagerbarang itu memang kerap diperbaiki oleh UPTD PU setempat. Hanya saja, perbaikan dinilai tidak maksimal. Sebab, perbaikan hanya tambal sulam dan disinyalir tidak merata. "Itu bukan perbaikan total, tapi hanya perawatan saja. Sehingga tidak bisa tahan lama," cetusnya. 
      Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Pemkab Tegal, Suharmanto menyatakan, tahun ini tidak ada alokasi anggaran untuk perbaikan di ruas jalan Pagerbarang-Jatibarang. Rencananya, tahun depan baru akan diusulkan untuk perbaikan jalan tersebut. "Untuk sementara ini, kita akan melakukan perbaikan dengan menggunakan anggaran maintanance," ucapnya singkat. (Tim MR).

IKLAN

 

Arsip Berita