Home » » SOSIALISASI TENTANG NARKOBA MEMBAHAYAKAN GENRASI MUDA INDONESIA

SOSIALISASI TENTANG NARKOBA MEMBAHAYAKAN GENRASI MUDA INDONESIA

Written By Media Rakyat on Wednesday, 29 October 2014 | 09:53:00

Kegiatan sosialisasi tentang Narkoba.
    PEMALANG (Media Rakyat). Gangguan masyarakat terhadap kesehatan yang berdampak kematian tidak sekedar dapat dipandang dari sudut kejahatan dari pihak tertentu. Tetapi masih banyak gangguan yang bersifat moral dan dari diri sendiri seperti halnya pemakaian obat-obat terlarang yang lebih mematikan bagi pemakai dan meresahkan masyarakat pada umumnya. 
       Tindakan Kesbangpol-linmas dalam mengadakan penyuluhan anti narkoba hari Kamis, (23/10) di SMK Satya Praja 2 Patarukan sangatlah tepat untuk membentengi generasi muda terutama pada siswa SLTA agar tidak terkena gangguan moral dan menyiksa diri sendiri dengan penggunaan obat terlarang yang sering disebut dengan nama Narkoba.
    Menurut Wakil Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo, ST dalam memberikan materi penyuluhan dikombinasikan dengan alat permainan yang dapat melupakan kebiasaan pengguna obat terlarang menjadi teralih pada permainan, diantaranya dengan permainan edukatif yang memerlukan ketelitian, ulet, sabar dan tangkas. Harapannya dapat menciptakan kreasi yang dimiliki dan kreasi tersebut sangat positif. Sehingga dapat melupakan kebiasaan yang mencandu bagi mereka yang telah terjun diranah narkoba.
       Kepala Kesbangpol-linmas Drs. Tutuko Raharjo, M.Si diwakili Nur Aziz Muhaimin, SH dalam sambutannya mengatakan, penyuluhan yang diselenggarakan mempunyai misi untuk pencegahan pemakaian narkoba bagi generasi muda yang masih diambang kegoncangan agar tidak pernah mengenal situasi dan kondisi narkoba. Oleh sebab itu sedini mungkin generasi muda terutama siswa SLTA diadakan tes urine untuk diketahui apakah anak tersebut pernah menggunakan narkoba atau tidak dalam jenis apapun. Apabila ada yang terkena narkoba, maka akan diadakan pembinaan secara intensif dengan rehabilitasi khusus yang disertai dengan pemberian ketrampilan khusus agar dapat melupakan jenis adiktif yang dikenalnya.
      Pada dasarnya penyalahgunaan narkoba bukan hanya pada moral, perilaku atau kebiasaan belaka tetapi merupakan penyakit masyarakat secara umum yang berdampak pada menurunnya kesadaran sehingga akan kehilangan keseimbangan jiwa, bahkan kematian, bagi yang hilang keseimangan, orang sehat yang melihat akan terlintas seperti orang gila.
     Menurut Penyuluh Pemberdayaan Masyarakat BNN Provinsi Jawa Tengah Rosyati Purwoningtyas, SP.Psi, peranan generasi muda dalam menegakkan kekokohan negara sangatlah penting. Untuk itu sejak dinilah generasi muda diperkenalkan jenis-jenis obat terlarang yang perlu dihindari dan bagaimana cara menghindarinya dari rayuan orang-orang tak bertanggung jawab yang mengajak untuk mengkonsumsi obat tersebut. Dengan penyuluhan ini diharapkan generasi muda dapat menepis gangguan tersebut dengan tegas.
      Penyuluhan diikuti 175 siswa SMK Satya Praja 1 dan SMK Satya Praja 2 masing-masing mengikuti tes urine yang akan diumumkan hasilnya beberapa hari mendatang.(heri)

IKLAN

Arsip Berita