Home » » KEGIATAN TMMD GARAP JALAN ANTAR DESA

KEGIATAN TMMD GARAP JALAN ANTAR DESA

Written By Media Rakyat on Friday, 23 May 2014 | 18:28:00

Dandim 0711 Pemalang saat membuka TMMD.
    PEMALANG (Media Rakyat). Operasi TNI Manunggaal Membangun Desa Sengkuyung (TMMD) tahap I TA 2014 yang di pusatkan di Desa Tegalsari barat kecamatan Ampelgading Kabupaten Pemalang, menurut rencana akan mengerjakan sasaran pokok, berupa perbaikan dan pengaspalan jalan sepanjang 2. 250 m. Jalan tersebut merupakan jalan yang menghubungkan dua desa, yakni desa Tegalsari barat kecamatan Ampelgading dan desa Pener kecamatan Taman.
      Selain sasaran pokok, TMMD yang dibuka oleh Dandim 0711/ Pemalang tersebut, juga akan mengerjakan sasaran tambahan yakni berupa pembuatan pos Kamling satu unit. Tidak hanya itu, TMMD yang memakan waktu selama 21 hari (21 Mei - 10 Juni 2014) tersebut, juga akan melaksanakan sasaran non fisik yang berguna untuk kesejahteraan masyarakat, seperti penyuluhan hukum dan perundang -undangan, penyuluhan pendidikan pendahuluan bela negara (PPBN), penyuluhan bahaya penggunaan narkoba dan napsa, kegiatan donor darah serta dialog interaktif.
      Dandim 0711/ Pemalang Letkol Arm Rokhim Setiawan Ranu Wibowo selaku Irup pada upacara pembukaan TMMD sengkuyung tahap I TA 2014 saat membancakaan amanat KSAD Jenderal TNI Budiman menyebutkan, program TMMD adalah program lintas sektoral yang melibatkan TNI, kementerian, Lembaga Pemerintah non Kementerian dan Pemerintah daerah serta segenap masyarakat, melalui program ini diharapkan dapat mewadahi aspirasi dan kepentingan masyarakat di daerah pedesaan. Sebab lanjut KSAD proses perencanaan TMMD selalu diawali dengan melibatkan berbagai instansi dan masyarakat sebagai pelaku dan pengguna hasil TMMD, serta disusun dengan sistem bottom up planning "justru karena itulah, peran dan kerjasama yang erat dari semua stakeholder yang didukung partisipasi aktif masyarakat merupakan penentu keberhasilan TMMD". Kata Dandim, Rabu, (21/5)
       Sementara dalam laporannya perwira pengendali Operasi TMMD sengkuyung Tahap I TA 2014 Kapten Inf S. Sunardi atas nama Dandim 0711/ Pemalang menjelaskan, kegiatan ini bermanfaat meningkatkan sarana transportasi angkutan jalan pedesaan, memperlancar arus perekonomian antara desa yang satu dengan desa yang lain serta mempercepat pemerataan pembangunan di wilayah Kabupaten Pemalang.
       Sedangkan untuk sukses dan kelancaran kegiatan ini, pihaknya mengerahkan tenaga kerja sebanyak 280 orang dengan dukungan dana dari APBD Provinsi Jawa Tengah sebanyak 160 juta dan dari APBD Kabupaten Pemalang sebanyak 250 juta sehingga total anggaran sebanyak 410 juta. Pembukaan ditandai penyerahan alat kerja kepada perwakilan tenaga kerja dilanjutkan dengan pemukulan kentongan oleh Dandim 0711/ Pemalang didampingi anggota. Forkorpinda Kabupaten Pemalang.
      Kegiatan tersebut juga diisi dengan pencanangan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) oleh Wakil Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo,ST dilanjutkan dengan peninjauan loket pelayanan di kecamatan Ampelgading (heri) ..

IKLAN

Arsip Berita