Home » » NELAYAN BERHENTI MELAUT SEHARI UNTUK MENGURANGI GOLPUT.

NELAYAN BERHENTI MELAUT SEHARI UNTUK MENGURANGI GOLPUT.

Written By Media Rakyat on Friday, 11 April 2014 | 18:15:00

Bupati Pemalang saat di TPS Nelayan.
    PEMALANG (Media Rakyat). Untuk menekan rendahnya angka partisipasi di kalangan nelayan, petugas pemilihan suara dan perangkat Kelurahan Tanjungsari bekerja ekstra keras. Satu jam menjelang penutupan pemungutan suara mereka berkeliling untuk mendatangi warga untuk segera menyalurkan hak politiknya, Rabu (9/4).
     Untuk TPS 02 Sugihwaras yang merupakan kampung nelayanan jumlah daftar pemilih tetap sebanyak 412 orang, dan hingga pukul 12.00 jumlah warga yang menyalurkan hak suaranya tercatat sebanyak 230 orang. Bahkan hal tersebut juga mendapatkan perhatian khusus dari Forum Pimpinan Daerah (Forpimda), terbukti rombongan menyempatkan diri untuk meninjau tempat pemungutan suara (TPS) 02 Kelurahan Sugihwaras Kecamatan Pemalang, setelah sebelumnya meninjau TPS 10 Desa Wanarejan Selatan dan TPS 03 Kelurahan Petarukan. 
     Rombongan Forpimda antara lain Bupati Pemalang H Junaedi SH MM, Wakil Bupati Mukti Agung Wibowo ST, Ketua DPRD Agus Sukoco SE MM, Kapolres Pemalang AKBP Dedi Wiratmo SIK, Dandim 0711 Letkol Arh Rochim Setiawan, Ketua Pengadilan Pemalang, Kepala Kejaksaan Negeri serta pejabat terkait lainnya.
      Bupati Pemalang H Junaedi SH MM, menyatakan terkadang memang ada beberapa warga yang tidak pulang sehingga tidak berpartisipasi, namun dari tahun ketahun jumlah partisipasi pada pemilihan Bupati, Gubernur dan Presiden angka hampir sama yakni diperkirakan 55-75% atau meningkat dibanding sebelumnya. "Kita bertanding dan setelah bertanding selesai, sehingga diharapkan saling menghormati proses demokrasi, sing menang ya aja umuk dan sing kalah juga tidak ngamuk,"tegasnya. 
     Ditambahkan Kepala Kelurahan Sugihwaras Febri Sudjamiko, mengatakan bahwa nelayan memang ada 3 golongan yakni atau hanya melaut sehari, kemudian nilon yang melaut selama 3 hari dan pusheseine yang melaut hingga 6 bulan, namun untuk untuk yang , rata-rata tidak melaut sesuai himbauan untuk menyalurkan hak suaranya. "Kita memang mendatangi mereka sebelumnya, bahkan hingga 1 jam sebelum penutupan untuk segera menuju TPS,"tambahnya.(heri)

IKLAN

Arsip Berita