Home » » TINGKATKAN PENGETAHUAN APATUR DESA, PEMKAB PEMALANG GELAR PELATIHAN.

TINGKATKAN PENGETAHUAN APATUR DESA, PEMKAB PEMALANG GELAR PELATIHAN.

Written By Media Rakyat on Monday, 24 March 2014 | 23:26:00

Bupati Pemalang dan Peserta Pelatihan
    PEMALANG (Media Rakyat). Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan kemampuan aparatur Pemerintah Desa, Pemerintah Kabupaten Pemalang menggelar pelatihan bagi Kepala Desa se wilayah Kabupaten Pemalang. Pembukaan pelatihan dibuka langsung oleh Bupati Pemalang H.Junaedi,SH,MM, Senin, (24/3/2014) di aula salah satu hotel di Pemalang. 
     Bupati saat membuka pelatihan mengatakan, penyelenggaraan pelatihan ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Pemalang dalam rangka meningkatkan kualitas aparatur pemerintah desa di Kabupaten Pemalang, khususnya bagi para kepala desa. "Hal ini sangat penting, mengingat pada saat ini, tantangan yang dihadapi dalam penyelenggaraan pemerintah desa semakin berat dan beragam, terlebih lagi dengan ditetapkannya UU no.6 tahun 2014 tentang desa". Kata Bupati. 
     Tujuan UU No.6 tentang desa itu sendiri yakni, untuk membentuk pemerintahan desa yang profesional, efektif, efisien, terbuka dan tanggungjawab. Dalam UU tersebut, lanjut Bupati telah diatur berbagai hal yang mengarah kepada percepatan pembangunan di desa, antara lain menyangkut dana pembangunan yang dialokasikan langsung ke desa, maupun pemberian kewenangan kepada Desa untuk melaksanakan pengadaan barang dan jasa guna menunjang pembangunan Desa. 
     Kepala Bapermas KB Kabupaten Pemalang Drs.Slamet Masduki MH, selaku penyelenggara menjelaskan, kegiatan ini, dimaksudkan antara lain, untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan para Kasi Tata Pemerintahan Kecamatan atas nama Camat selaku koordinator penyelenggara Pemerintahan Desa tingkat Kecamatan dan meningkatkan pengetahuan dan kemampuan para Kades sebagai pemimpin penyelenggara pemerintah desa di wilayah kerjanya. Selain itu, kegiatan ini juga untuk mentransformasikan dasar - dasar pemikran kebijakan di bidang Pemerintahan Desa terutama dengan telah lahirnya UU No. 6 tahun 2014 tentang desa disandingkan dengan perda/ perbup- perbup Kabupaten Pemalang yang mengatur tentang pemerintahan desa dan memberikan gambaran regulasi untuk pengaturan kegiatan yang bersifat terapan guna peningkatan pelayanan kepada masyarakat. 
      Peserta yang mengikuti pelatihan berjumlah 108 orang terdiri dari, 14 Kasi Tata Pemerintahan Kecamatan dan 166 Kades. sedangkan untuk kelancaran dan suksesnya pelaksanaan kegiatan tersebut, pihaknya telah membagi peserta ke dalam tiga angkatan, yakni angkatan I pelaksanaan dimulai 24 hingga 25 maret 2014, angkatan II dimulai 26 hingga 27 Maret 2014 dan angkatan III dimulai 28 hingga 29 Maret 2014. (heri).

IKLAN

Arsip Berita