Home » » DINILAI MENGANGGU SALURAN IRIGASI PEMASANGAN PIPA IPAL DI PROTES PETANI

DINILAI MENGANGGU SALURAN IRIGASI PEMASANGAN PIPA IPAL DI PROTES PETANI

Written By Media Rakyat on Friday, 10 January 2014 | 10:48:00

Saluran IPAL yang diprotes Petani.
     PEMALANG (Media Rakyat). Proyek pembuatan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) di Desa Wanarejan Utara Kecamatan Taman Kab. Pemalang sudah selesai sampai tahap akhir, pemasangan pipa dari perusahaan tenun yang dialirkan kepenampungan air limbah.namun adanya pemasangan pipa tersebut ,yang kurang pas sehingga dikeluhkani Petani. 
      Saluran IPAL untuk industri Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM) di Desa Wanarejan Utara Kecamatan Taman tersebut dinilai menggangu saluran irigasi.dan apabila pipa saluran air limbah itu masih mengganggu maka Petani sendiri yang akan membongkar pipa tersebut. 
      PT Jafa Sherly Safira selaku pengembang menyatakan akan menata kembali sebagian pipa tersebut. Kepastian itu diperoleh setelah dilakukan peninjauan langsung bersama Kantor Lingkungan Hidup dan disaksikan Kepala Desa Wanarejan Utara pada hari Kamis (9/1). 
        Seperti diketahui Desa Wanarejan Utara merupakan sentra industri ATBM yang rawan pencemaran zat kimia pewarna, terkait hal itu diusulkan bantuan ke pusat untuk pembuatan IPAL yang akhirnya disetujui untuk pembuatan Proyek Jaringan IPAL ATBM senilai Rp 1.630.331.000, yang dikerjakan oleh PT Jafa Sherly Pratama.
      Kepala Kantor Lingkungan, Ir Mugiyatno MSi, mengatakan “ sebenarnya secara spesifikasi proyek sudah sesuai dengan Bestek, dengan mempertimbangkan faktor ketinggian, karena pipa saluran limbah tidak sama dengan pipa pam yang sumbernya bisa diangkat keatas, beda dengan pipa limbah ini, sehingga limbah bisa mengalir dengan gaya gravitasi. Mengenai sampah tidak semestinya masyarakat membuang sampah disaluran air, karena bisa menghambat, yang seharusnya air mengalir pada akhirnya bisa menyumbat air dan kita masih mencari opsi untuk memindahkan pipa agar tidak mengganggu saluran irigasi.dan nanti pipa akan diangkat dipindahkan disamping saluran air .sehingga nantinya akan memperlancar air. " tegas Mugiyatno.
        Pelaksana Proyek dari PT Jafa Sherly Pratama, menyatakan pihaknya proyek yang dikerjakan memang sudah sesuai dengan gambar, akan tetapi jika ada perintah perbaikan akan dilakukan. Hanya saja tidak bisa pada semua jaringan, sebab jika semua ada yang harus membongkar rumah warga, "sehingga kemungkinan yang akan dilakukan yang berada disaluran irigasi.disamping itu proyek ini masih dalam pemeliharaan,jadi kami masih punya waktu untuk membenahi yang diinginkan petani " pungkasnya. (heri).

OL : 10-01-2014.

IKLAN

Arsip Berita