Home » » CALEG PERLU KESANTUNAN BERPOLITIK

CALEG PERLU KESANTUNAN BERPOLITIK

Written By Media Rakyat on Thursday, 5 December 2013 | 00:35:00

Muntoha SH. M Hum
                  Pemalang (Media Rakyat) – Dalam berpolitik seorang Caon Legislatif (Caleg) perlu untuk mengutamakan kesantunan dan memahami etika sesama calon. Demikian dikatakan Caleg DPR RI asal Pemalang, Muntoha, SH, M Hum, saat ditemui usai mengikuti Sidang Paripurna di gedung dewan baru-baru ini. 
      Menurut wakil rakyat dari PPP Pemalang ini, kesantunan sangatlah penting bagi setiap calon wakil rakyat baik di tingkat daerah, provinsi maupun pusat. Sebab, meski sudah memasuki era modernitas, budaya ketimuran harus tetap dilestarikan, diantaranya yang berbentuk tatakrama dan kesantunan. “Kesantunan itu penting bagi setiap orang, terutama para caleg yang akan berjuang mendapatkan kursi sebagai wakil rakyat,” katanya. 
     Dengan menggenggam kesantunan, tambahnya, maka keinginan menggunakan cara-cara tidak terpuji akan terabaikan. Sebagai misal melakukan money politic untuk mendulang suara. Bagi dirinya menggunakan politik uang tidak pernah terbayang di benaknya. “Karena hal itu jelas tidak mendidik, padahal kita dalam proses pembelajaran politik yang baik kepada masyarakat,” imbuh atlet pencak silat yang juga mantan advokat itu. 
      Lebih lanjut diakatakan, DPR itu lembaga terhormat sehingga untuk mendapatkan kesempatan menjadi wakil rakyat juga harus melalui cara yang terhormat. “DPR adalah lembaga terhormat maka saya ingin menggunakan cara-cara terhormat,” ujarya. 
      Cara terhormat menurut dia adalah yang sesuai dengan ketentuan perundang-undangan, sesuai ketentuan KPU. Muntoha sendiri merupakan caleg dari Dapil 10 yang meliputi 4 wilayah kabupaten/ kota, yakni Kabupaten Batang, Pekalongan, Pemalang dan Kota Pekalongan.(Ruslan Nolowijoyo).

OL: 05-12-2013.

IKLAN

Arsip Berita