Home » » TERKAIT PEMBANGUNAN JEMBATAN KALI ELON JALAN DIALIHKAN

TERKAIT PEMBANGUNAN JEMBATAN KALI ELON JALAN DIALIHKAN

Written By Media Rakyat on Thursday, 3 October 2013 | 21:38:00

Jembatan sungai elon dalam perbaikan.
PEMALANG ( Media Rakyat). Mulai Kamis (3/10/2013) Satlantas Polres Pemalang melakukan penutupan Jalur Lingkar Utara (JLU) untuk semua kendaraan dari arah Timur (Pekalongan), sedangkan arus dari Barat (Tegal) masih bisa melewati Lingkar Utara, hal ini terkait akan dilakukannya pemasangan bentang landasan Jembatan Kabunan diatas Sungai Elon yang saat ini sedang diperlebar.
       Pemasangan bentang jembatan yang total panjangnya 70 meter dan terdiri dari 3 pilar itu akan menggunakan alat berat “crane”, sehingga memakan badan jalan dan akibatnya ruas jalan yang difungsikan hanya satu lajur saja yakni dari arah barat. "Arus dari Timur nantinya akan dialihkan melalui Jalur Lingkar Selatan (JLS) untuk kendaraan besar dan berat, sedangkan kendaraan kecil bisa melalui dalam kota, diperkirakan pengalihan arus akan berlangsung selama 4-5 hari atau hingga Senin (8/10),"jelas Kapolres AKBP Dedi Wiratmo SIK melalui Kasatlantas AKP Endang Tri Purwanto SIK MSi, Selasa (1/10). 
       Terkait rencana penutupan dan pengalihan arus lalu lintas menurut Kasatlantas telah dilakukan sejumlah persiapan, antara lain rambu-rambu, perkuatan personel di titik-titik tertentu seperti perlintasan rel dan pos Beji, bahkan termasuk pembukaan posko di lokasi pelebaran jembatan. Awal Desember. 
       Terpisah General Super Intenden (GSI) PT Nata Putra Yogyakarta selaku pelaksana proyek pelebaran Jembatan Kabunan, menjelaskan bahwa untuk bagian bawah jembatan saat ini sudah selesai dilakukan sehingga dilanjutkan pemasangan bagian atas. Pemasangan akan menggunakan alat berat “crane” dan yang akan digarap terlebih dahulu bagian Utara baru kemudian sebelah Selatan Jembatan. Sebelumnya pada saat menggarap bagian bahwa jembatan sempat muncul kendala, yakni air sungai yang tiba-tiba naik karena banjir kiriman air dari atas, akan tetapi setelah dibuatkan cekdam dengan meminjam tanah pada desa kondisi naik turunnya debit air tidak berpengaruh. "Pelebaran jembatan jika tidak ada aral melintang diperkirakan bisa diselesaikan pada awal Bulan Desember mendatang,"tandasnya (heri).

OL : 3 Oktober 2013.

IKLAN

Arsip Berita