Home » » SMPN 3 Pemalang Gelar “Pilkada” OSIS

SMPN 3 Pemalang Gelar “Pilkada” OSIS

Written By Media Rakyat on Tuesday, 8 October 2013 | 22:47:00

Kegiatan saat pemungutan suara.
Pemalang (Media Rakyat), Memberikan pembelajaran politik kepada siswa melalui pemilihan Ketua OSIS ala Pilkada telah dilaksanakan dengan sukses di SMPN 3 Pemalang Senin (07/10). Kegiatan yang melibatkan 954 siswa dari 30 rombongan belajar (rombel) itu berjalan lancar dibawah arahan Wakasek Kesiswaan dan para guru pembimbing. 
       Kepada Media Rakyat di lokasi pelaksanaan, Wakasek Kesiswaan Muhammad Sapii, menyampaikan, kegiatan Pemilihan Ketua OSIS ala Pilkada di SMPN 3 Pemalang merupakan satu penggambaran praktik langsung mengenai pelaksanaan pemilihan yang sebenarnya. “Dengan berpraktik langsung memberikan suara kandidat yang didukung, maka siswa secara langsung telah mengikuti pembelajaran politik,” tutur Muhammad Sapii seraya menambahkan bahwa melalui pelaksanaan Pemilihan Ketua OSIS, siswa juga belajar kedisiplinan terutama dalam bentuk budaya antre. 
       Muhammad Sapii menambahkan, di SMPN 3 Pemalang, pemilihan Ketua OSIS dengan format pemilihan umum baik Pilkada maupun Pileg, telah biasa dilaksanakan setiap tahunnya. Bahkan kegiatan ini mendapat dukungan dari pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pemalang, yakni dalam bentuk peminjaman sarana kotak dan bilik suara. 
       Menurut Sapii, sebelum pelaksanaan sejumlah kandidat mengikuti seleksi akademis, yaitu mengerjakan 50 soal pilihan ganda dengan materi mata pelajaran. Kemudian test wawancara dan test ketrampilan meliputi kompetensi dan berpidato. “Dari hasil seleksi terdapat 5 kandidat yang lolos, masing-masing 4 siswa dari kelas VIII dan 1 siswa dari kelas VII,” pungkasnya. (Ruslan Nolowijoyo).

OL : 8 Oktober 2013.

IKLAN

Arsip Berita