Home » » Perlu Pembelajaran Kepedulian Bagi Siswa

Perlu Pembelajaran Kepedulian Bagi Siswa

Written By Media Rakyat on Tuesday, 29 October 2013 | 22:26:00

Pemotongan hewan kurban di SMPN 3 Pemalang.
Pemalang (Media Rakyat) – Banyak cara dapat ditempuh dalam melaksanakan pembelajaran kepedulian secara konkrit kepada peserta didik di sekolah. Sebagai misal mengajak siswa berempati ketika ada teman maupun orang tua siswa sedang sakit. Tak kalah konkretnya adalah kepedulian pada Hari Idul Adha seperti yang dilaksanakan di SMPN 3 Pemalang, belum lama ini. Para peserta didik bersepakat membeli hewan kurban untuk disembelih dan dagingnya dibagikan kepada warga kurang mampu. 
       Kegiatan pengumpulan dana dikoordinir oleh OSIS dan hasil iuran dibelikan seekor sapi. Aksi peduli siswa juga didukung para guru dan staf kependidikan yang juga berhimpun untuk membeli seekor sapi. Alhasil dua ekor sapi kurban disembelih di halaman belakang sekolah yang berada di Jl Gatot Subroto Pemalang itu. Penimbangan, pembungkusan dan pembagian daging pun dilakukan secara berbarengan siswa dan guru. 
        Menurut Ketua Panitia Kurban SMPN 3 Pemalang, M Sapi’I, aksi pengumpulan dana untuk pembelian hewan kurban hingga pembagian kepada warga yangt berhak merupakan proses pembelajaran kepedulian yang konkret bagi peserta didik. Proses pembelajaran itu sendiri, lanjut Sapi’I, dilaksanakan seiring proses pembelajaran sesuai kurikulum sepanjang tahun. Di SMPN 3 Pemalang ada beberapa momentum yang sangat tepat untuk pembelajaran bagi peserta didik. Yakni peringatan Hari Idul Fitri, Idul Adha maupun pengisian Kegiatan Tengah Semester dan melalui mata pelajaran seperti Pelajaran Agama dan PKN. M Sapi’I yang juga guru mata pelajaran itu menambahkan, pembelajaran yang berlangsung sesuai momentum tersebut secara tidak langsung mengajak siswa memahami arti penting kepedulian sebagai mahluk sosial.
      Terbukti para siswa tumbuh menjadi insan yang peduli. Setiap tengah smester siswa mengumpulkan sembako untuk diberikan ke panti asuhan dan panti jompo. Berbagi kepedulian juga diwujudkan setiap ada siswa yang sakit, atau bahkan orang tua salah seorang siswa yang meninggal dunia. 
        Masih menurut Sapi’I, menjelang Idul Fitri siswa juga mengumpulkan zakat fitrah bagi anak yatim dan warga kurang mampu. Sedangkan pada Idul Adha tahun ini siswa berinisiatif menghimpun dana untuk membeli hewan kurban. (Ruslan Nolowijoyo).

OL : 29-10=2013.

IKLAN

Arsip Berita