Home » » Pemandian Moga, Sajikan Sumber Mata Air Alami

Pemandian Moga, Sajikan Sumber Mata Air Alami

Written By Media Rakyat on Tuesday, 29 October 2013 | 22:35:00

Pemandian alami Moga Kab. Pemalang.
Pemalang (Media Rakyat), Berkunjung ke kota Kecamatan Moga, di wilayah selatan Kabupaten Pemalang, tidak lengkap kalau tidak mampir di pemandian Moga Indah. Tempat rekreasi murah meriah ini memiliki keunikan tersendiri, yakni berada di bawah pohon raksasa berusia ratusan tahun dan sumber airnya adalah tuk (mata air) alami Banyumudal. 
       Menurut manager Moga Indah Hotel. Sutiyono (45), pemandian yang berada dalam satu pengelolaan dengan hotel, merupakan sarana rekreasi warisan masa lalu yang hingga kini tetap menjadi obyek kunjungan pelancong. Airnya yang bening dan sejuk berasal dari mata air atau tuk di sekitar lokasi. “Karena berasal dari tuk, maka sepanjang tahun tak pernah kering,” tuturnya kepada Media Rakyat baru baru ini. 
       Sutiyono mengaku tidak tahu persis kapan pemandian itu dibangun. Karena sejak dirinya mulai berkerja pada tahun 1991bangunan komplek pemandian sudah eksis. Dimungkinkan bangunan sudah ada sejak jaman Belanda, katanya. 
       Dia menambahkan, selain tergolong bangunan kuno, pemandian juga memiliki keunikan yang dipercaya pengunjung. Yakni airnya yang dingin dan dedaunan yang berjatuhan ke permukaan air, konon bisa menyegarkan badan. Tak heran kalau pengunjung membiarkan dedaunan jatuh ke tubuhnya ketika sedang mandi. Meski akhirnya petugas akan segera membersihkan kolam dari daun-daun yang berjatuhan tersebut. Obyek rekreasi dengan tarip merakyat, hanya tiga ribu rupiah per pengunjung, setiap hari didatangi pengunjung dari berbagai penjuru daerah Pemalang Selatan. Panjang keramaian kunjungan terjadi pada hari libur dan Lebaran. “Kalau liburan dan Lebaran pengunjungnya penuh disini " pungkas Sutiyono. (Ruslan Nolowijoyo).

OL : 29-10-2013.

IKLAN

 

Arsip Berita