Home » » BERBAGAI KEGIATAN AKAN DIGELAR DALAM MEMPERINGATI HKN

BERBAGAI KEGIATAN AKAN DIGELAR DALAM MEMPERINGATI HKN

Written By Media Rakyat on Friday, 25 October 2013 | 09:36:00

Aris Gunarta SKM
Pemalang (Media Rakyat), Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-49 Tahun 2013 di Kabupaten Pemalang akan diisi dengan berbagai kegiatan. Dimulai tanggal 28 Oktober mendatang dengan acara Pemberdayaan Family Gattering bagi Orang Dengan Masalah Kejiwaan (OMDK) di Kecamatan Randudongkal. Kegiatan ini melibatkan 45 orang penderita masalah kejiwaan yang pernah dirawat di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) di Semarang. 
      Kegiatan berikutnya adalah Gerak Jalan Sehat yang akan dilaksanakan pada Jumat 8 Nopember. Menyusul tanggal 12 Nopember pelaksanaan Upacara Peringatan HKN di halaman Dinas Kesehatan Jl. H Samanhudi. 
         Sebagaimana biasa dalam peringatan tahun sebelumnya, kegiatan dalam rangka peringatan HKN tahun ini dibuka oleh Bupati Pemalang H Junaedi, SH, MM. Selain kegiatan yang berbentuk seremonial, dalam rangka peringatan HKN ke 49 juga dilaksanakan kegiatan bernuansa sosial, yakni Pemberdayaan ODMK dan Operasai Katarak bagi warga kurang mampu. 
        Kepada Media Rakyat di ruang kerjanya, Kasi Pelayanan Medik Dasar dan Rujukan Dinas Kesehatan Pemalang, Aris Gunarta, SKM, menyampaikan, kegiatan berupa bakti sosial akan dilangsungkan dalam bentuk Operasi Katarak dengan peserta 102 orang di Puskesmas Purwoharjo Comal pada 14 Nopember mendatang. “Operasi Katarak yang akan dilaksanakan 14 Nopember nanti diikuti oleh 102 warga,” jelas Aris Gunarta (23/10). 
       Dia katakana, operasi yang akan dilaksanakan merupakan satu bentuk kepedulian jajaran kesehatan kepada masyarakat, terutama warga yang secara ekonomis kurang mampu. Demikian halnya dengan pemberdayaan terhadap warga penderita gangguan kejiwaan yang pernah dirawat di rumah sakit jiwa. “Mereka perlu dipantau dan dibina agar bias kembali di tengah masyarakat sepulang dari rumah sakit jiwa,” pungkasnya. (Ruslan Nolowijoyo).

OL: 25/10/2013.

IKLAN

Arsip Berita