Home » » BUPATI PEMALANG PANEN PADI METODE SYSTEM OF RICE INTENSIFICATION

BUPATI PEMALANG PANEN PADI METODE SYSTEM OF RICE INTENSIFICATION

Written By Media Rakyat on Wednesday, 4 September 2013 | 00:18:00

Bupati Pemalang saat panen padi SRI bersama petani,
PEMALANG (Media Rakyat).Pemerintah Kab. Pemalang telah menerapkan pola tanam dengan Metode System of rice intensification (SRI), di wilayah pertanian di Ds. Karangtengah Kecamatan. Ampelgading Pemalang, untuk meningkatkan kesejahteraan para petani,sehingga paska panen padi dengan metode (SRI) dapat menghasilkan padi melebihi dari yang biasa ditanam sebelumya..
      Bupati Pemalang H.Junaedi. SH.MM dalam sambutanya selasa (3/9) saat  melakukan pasca panen di DS. Karangtengah. tersebut  mengucapkan  terimakasih dan penghargaan yang tinggi kepada para Petani karena selama ini mau bekerja keras dan kesungguhannya dalam menanam dan merawat padi SRI tersebut dengan baik.terutama Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Jawa Tengah yang membantu dan membina para petani serta member bantuan, sehingga petani di Kabupaten Pemalang khususnya di Desa Karangtengah kecamatan Ampelgading menjadi tambah maju.
       Kabupaten Pemalang.merupakan salah satu lumbung padi di Jawa Tengah.luas lahan sawah yang dimiliki, dan didukung dengan jaringan irigasi, baik primer , sekunder maupun tersiern yang memadai.yang mengoptimalkan sawah pada waktu panen. Oleh karena itu, tepat kiranya apa bila dalam rangka mendukung target pencapaian produksi beras nasional 10 juta ton pada tahun 2014. Kabupaten Pemalang ditargetkan mencapai produksi padi sebanyak 377.014 ( tiga ratus tuju puluh tuju ribu ,empat belas )ton pada tahun 2013.oleh Provinsi Jawa Tengah. 
       Dalam memenuhi target tersebut Pemerintah kabupaten Pemalang, telah melakukan kegiatan penanaman padi SRI .yang merupakan bantuan dari Pemerinta pusat, melalui Kementrian Pertanian melalui dana APBN yang melalui Provinsi Jawa Tengah. Produk Sri digunakan kerena mempunyai keunggulan seperti, hemat air, hemat biaya,hemat waktu dan untuk hasilnya bisa meningkat dibanding dengan padi biasa.dan ramah lingkungan. Metode SRI mampu meningkatkan produktifitas panen di Kabupaten Pemalang dari mulai 60,02 ( enam puluh, nol dua)kuintal per hektar.menjadi 74,08 (tujuh puluh empat koma nol delapan)kuintal per hektar.atas keberhasilan tersebut Kabupaten Pemalang mendapat penghargaan dari Presiden Republik Indonesia sebagai daerah yang dapat meningkatkan produksi beras diatas 5% (lima persen)” (heri)

OL 4 September 2013.

IKLAN

Arsip Berita