Home » » Karang Taruna, Kemana Dia?

Karang Taruna, Kemana Dia?

Written By Media Rakyat on Sunday, 4 August 2013 | 04:12:00

Pemalang (Media Rakyat), Keberadaan Karang Taruna sekarang ini semakin kurang dikenal masyarakat. Padahal sebagai organisasi sosial Karang Taruna menggenggam etos juang yang kental dalam rangka menghasilkan kerja. 
      Menghilangnya Karang Taruna itu juga ditengarai oleh Ketua Karang Taruna Kabupaten Pemalang, Drs Wilujeng, diantaranya akibat pemberdayaan yang tidak optimal, dan yang memprihatinkan, sebagai organisasi sosial justru sence of social-nya sudah semakin luntur.
      Menurut Wilujeng, keberadaan organisasi sosial seperti Karang Taruna sekarang ini kurang diminati karena orang lebih tertarik pada organisasi yang memberikan hasil. “Tapi jangan salah, Karang Taruna itu berjuang untuk menghasilkan karya dan sebagai organisasi sosial punya banyak kegiatan positif,” katanya.
       Karena keberadaannya yang semakin kurang diminati, maka sebagai organisasi tak lepas dari peran pemerintah selaku stake holder untuk mengembalikan lagi citranya pada rel dan ruh Karang Taruna disamping peran pengurusnya terutama di tingkat desa maupun kelurahan. “Jadi kalau bisa ya dioptimalkan kembali pemberdayaannya di tingkat desa ataupun kelurahan sebagai organisasi yang didukung semua komponen,” pungkasnya.(Ruslan Nolowijoyo)

OL : 4 Agustus 2013

IKLAN

 

Arsip Berita