Home » » RAMADHAN PNS PEMALANG APEL PAKAI KAIN SARUNG

RAMADHAN PNS PEMALANG APEL PAKAI KAIN SARUNG

Written By Media Rakyat on Tuesday, 16 July 2013 | 19:29:00

Apel Pagi di Pendopo Kab. Pemalang saat bulan Puasa
PEMALANG (Media Rakyat ). Pemkab Pemalang benar-benar bersemangat menciptakan suasana ibadah di bulan Suci ini. Buktinya melaksanakan apel besar pagi pegawai mengenakan pakaian gamis dan pria mengenakan sarung dan sandal. 
      Apel pagi dihadiri Bupati H Junaedi SH MM, Wakil Bupati Mukti Agung Wibowo ST, Sekda Drs Budhi Rahardjo MM dan para pejabat lainnya. Apel diawali berbaris sesuai golongan pegawai masing-masing. Kemudian dilaporkan kehadiran pegawai oleh tiap ketua regu. Serta ditutup dengan hormat. Walaupun pakai sarung dan sandal mereka dengan mantap mengangkat tangan ketika mendengar aba-aba. 
     Bupati H Junaedi SH MM mengatakan, tidak masalah dan tidak mengganggu pekerjaan jika PNS memakai busana muslim. Apalagi hal itu diaplikasikan dalam Bulan Suci, serta sesuai dengan karakter daerah setempat yang Islami dengan mayoritas penduduknya beragama Islam. ''Apa salahnya menjalankan puasa Ramadhan diikuti amaliah yang bersifat peningkatan keimanan dengan memakai busana muslim. Apalagi cuma dua hari dalam sepekan,'' katanya. Apalagi mayoritas penduduk pantura Pemalang 90 persen adalah beragama Islam. Maka pantas kalau di sekretariat daerah dilaksanakan kegiatan-kegiatan Islami. Seperti siraman rohani setelah apel pagi. 
      Sementara Sekda Drs Budi Raharjo mengatakan, pemakaian gamis merupakan wujud kearifan lokal. Di DKI dan Solo juga ada kearifan lokal dengan mengenakan busana khas daerah. Kehadiran PNS pada apel itu mencapai 90 persen lebih. Dan selama bulan puasa ini pemalang seminggu dua kali, hari kamis dan Jum’at , berpakain sarung. (heri). 

OL : 16 jULI 2013.

IKLAN

 

Arsip Berita