Home » » OPERASI ANGKUTAN LEBARAN DI TERMINAL PEMALANG

OPERASI ANGKUTAN LEBARAN DI TERMINAL PEMALANG

Written By Media Rakyat on Tuesday, 16 July 2013 | 19:40:00

Operasi angkutan Lebaran di terminal Pemalang
PEMALANG (Media Rakyat). Dinas Perhubungan, Terminal Induk dan Satlantas Polres Pemalang menggelar operasi angkutan lebaran terutama bus AKAP, AKDP dan mini bus Senin (15/7) pagi. Operasi dipusatkan di Terminal Induk dipimpin KBO Satlantas Iptu Rendi Wicaksana. Nampak pula di lapangan Kasatlantas AKP Endang Tri Purwanto, Kasi Operasi Dishubkominfo Bambang Haryono SH Kepala terminal Sumanto SH. 
      Di dalam terminal sejumlah petugas mengecek sebuah bus AKDP dengan kondisi bodinya yang sudah rusak tapi tetap dioperasikan. Ketika diteliti ternyata memiliki kelengkapan surat-surat. Namun tidak ada pemukul kaca jika terjadi situasi darurat. ''Walaupun keadaan bodinya sudah rusak tapi memiliki surat uji kelaikan jalan dan kelengkapan surat lainnya,'' ujar Kasi Operasi Dishubkominfo Bambang Haryono. Operasi di dalam terminal hanya satu bus yang diperiksa. Karena menurut Kepala terminal Sumanto, bus trayek Pemalang-Jakarta sudah berangkat semua pukul 08.00. Sehingga sudah tidak ada lagi bus. Pemberangkatan ke Jakarta akan dimulai lagi sore hari. 
      Usai dari dalam terminal operasi bergeser ke Sub Terminal sebelah barat. Di lokasi itu banyak mini bus yang terjaring operasi. Dari sejumlah itu petugas menemukan beberapa pelanggaran seperti surat uji kelayakan jalan yang telah kedaluwarsa dan kelengkapan kendaraan yang tidak dibawa. Seperti kendaraan mini bus Teguh jurusan Pemalang Purwokerto dengan nopol R- 1498- EA. Kena sangsi tilang dikarenakan surat uji kelayakan jalan sudah habis masa berlakunya tidak diperpanjang.lain halnya salah satu mini bus Sido Mulyo nopol. G-1748-AD. Jurusan Pekalongan Moga setelah diperiksa ternyata surat-suratnya mati semua, sehingga oleh petugas mobil tersebut ditahan alias dikandang. 
     Di luar terminal itu ditemukan pula bus AKDP yang lalai tidak memperbaiki lampu sine yang tidak nyala. Hal itu diketahui ketika pengemudi disuruh mencoba menyalakan lampu-lampu yang ada. Atas pelanggaran itu Iptu Rendi langsung menugaskan anak buahnya untuk memberikan surat tilang. (heri). 

OL : 16 Juli 2013.

IKLAN

 

Arsip Berita