Home » » LAUNCHING PENGGUNAAN SMS CENTER KANTOR PERTANAHAN PEMALANG

LAUNCHING PENGGUNAAN SMS CENTER KANTOR PERTANAHAN PEMALANG

Written By Media Rakyat on Monday, 3 June 2013 | 08:56:00

Kakanwil BPN Jateng memberikan kenang-kenangan
PEMALANG (Media Rakyat). Kepala Kanwil Badan Pertanahan Jateng (BPN) A Samad Sumargo SH MH melihat langsung program layanan SMS Center Kantor Pertanahan Pemalang, yang ternyata lebih cepat dari slogan yang diutarakan yakni 5 detik untuk menjawab permintaan informasi dari pemohon sertifikat. Sebab setelah dilakukan peragaan secara langsung dengan disaksikan Wakil Bupati Mukti Agung Wibowo ST dan unsur Muspida, para Kepala Dinas/Instansi serta Lurah, ternyata server milik Kantor Pertanahan Pemalang mampu dengan cepat memberikan jawaban SMS tersebut. 
       Kepala Kantor Pertanahan Kab. Pemalang Kasten Situmorang SH. Dalam sambutannya menjelaskan bahwa SMS Center untuk memudahkan pelayanan Publik dibidang Pertanahan, dan layanan cepat itu tidak saja untuk menanyakan proses pensertifikatan, SMS Center merupakan inovasi agar memudahkan masyarakat mengetahui persyaratan pensertifikatan dan layanan Pertanahan, tetapi juga melayani pengaduan masyarakat. Menurutnya, apabila berkas pengaduan sudah terdaftar dikantor Pertanahan maka dengan SMS center ke 0821 3561 3561, seluruh masyarakat Pemalang, baik yang berada di Pemalang maupun diluar Pemalang, bahkan seluruh dunia, dapat memantau keberadaan berkas permohonannya berada di petugas mana, apa sudah selesai atau belum, dalam waktu 15 detik. SMS Layanan Publik Tercepat. 
      Dengan SMS para pemohon dapat mengajukan pengaduannya, hal ini akan mempermudah penangan pekerjaan bagi semua petugas. Dengan bantuan SMS Center ,semua pengaduan secara otomatis akan masuk ke HP semua petugas dan Pejabat yang menangani pekerjaan yang diadukan.Layanan SMS Center merupakan penjabaran dan pelaksanaan UU No. 28 tahun 1999 dengan tujuh azas . azas Kepastian hukum, Azas Ketertiban, Azas Keseimbangan, Azas Keterbukaan, Azas Proporsionalitas, Azas Akuntabilitas dan Profesionalitas. 
      Layanan melalui SMS Center ini merupakan pengembangan dari teknologi Komputerisasi Kantor Pertanahan (KKP) semua kegiatan yang diterima dientri ke dalam KKP. Ditambahkan, sejak 2 Januari hingga 24 Mei 2013 Pertanahan telah menyelesaikan 24 jenis sertifikat sebanyak 11.130 bidang. Antara lain sertifikat ganti nama, hak tanggungan, pemberian hak berdasarkan SK, pemecahan bidang, wakaf dan pemekaran wilayah. Kecepatan ini antara lain didukung layanan SMS Center yang merupakan pengembangan dari teknologi Komputerisasi Kantor Pertanahan (KKP).
      Usai ujicoba, dalam sambutannya Kakanwil BPN Jateng, mengutarakan jika pelayanan cepat merupakan suatu bukti wujud dari keseriusan dalam melayani masyarakat dalam bidang pertanahan. Meski demikian ia menghimbau agar hal itu tidak cepat puas dan berhenti berinovasi, melain tetap memberikan perhatian kepada beberapa persoalan pertanahan yang kadang kala muncul, tak hanya itu Program Prona dan tanah-tanah di pinggir wilayah hutan perhutani juga harus diperhatikan. "Saya puas ini bukan hanya slogan, cukup 3 detik ternyata saudara sudah bisa mengetahui pensertifikatan tanah yang sedang diproses," pungkasnya.(heri). 

OL : 3 Juni 2013.

IKLAN

Arsip Berita