Home » » TERNAK KERBAU BERPOTENSI UNTUK DIKEMBANGKAN

TERNAK KERBAU BERPOTENSI UNTUK DIKEMBANGKAN

Written By Media Rakyat on Thursday, 2 May 2013 | 06:33:00

Kerbau termak yang di kelola warga pedesaan
Pemalang (Media Rakyat) – Populasi ternak kerbau di Kabupaten Pemalang terus berkembang dalam beberapa tahun terakhir. Ternak kerbau dibudidayakan masyarakat di sejumlah wilayah kecamatan yang ada. Berdasarkan data pada Bidang Peternakan Dinas Pertanian dan Kehutanan setempat, poipulasi ternak kerbau mencapai 8.877 ekor per akhir tahun 2012 lalu. Jumlah ini mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya, 2011 yang 8.508 ekor. 
       Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan melalui Kasi di Bidang Peternakan, Tofan Efendi, mengatakan, populasi ternak kerbau yang cukup dominan ada di Kecamatan Bantarbolang, Watukumpul, Pemalang, Taman, Ampelgading dan Kecamatan Bodeh. Namun demikian ternak kerbau menyebar hampir di semua kecamatan yang ada, yakni 14 kecamatan, “Populasi yang cukup tinggi ada di Kecamatan Bantarbolang,” jelas Tofan Efensi9 si ruang kerjanya, Selasa (30/4) kemarin. Di kecamatan tersebut, menurut dia, populasinya mencapai 3.174 ekor. Menyusul kemudian Kecamatan Pemalang 1.224 ekor dan Bodeh 1.026 ekor. 
        Menurut Tofan Efendi, berrternak kerbau merupakan usaha sampingan petani untuk menambah penghasilan dan untuk menabung. Kerbau merupakan penghasil daging yang relatif penting disamping ternak sapi dan kambing. Kepada para petani yang berternak pihak dinas memberikan pembinaan melalui kelompok ternak. (Ruslan Nolowijoyo). 

*OL: 2 Mei 2013

IKLAN

Arsip Berita