Home » » TERNAK ITIK SANGAT BERPOTENSI DI KAB. PEMALANG

TERNAK ITIK SANGAT BERPOTENSI DI KAB. PEMALANG

Written By Media Rakyat on Friday, 31 May 2013 | 19:13:00

Itik yang diternakan di kandang
Pemalang (Media Rakyat), Salah satu jenis ternak yang masuk dalam kategori komoditas unggulan di Pemalang setelah ternak kerbau, kambing dan ayam buras, adalah itik. Dari 14 wilayah kecamatan yang ada di Kabupaten Pemalang, wilayah Kecamatan Petarukan merupakan pusat budidaya ternak itik masyarakat yang paling dominan. 
       Menurut Kabid Peternakan Dinas Pertanian dan Kehutanan Pemalang, Ir Joni, populasi ternak itik di wilayah Kecamatan Petarukan dari tahun ke tahun mengalami peningkatan yang cukup pesat. Produk utama yang berupa telor, selain memenuhi kebutuhan local juga dipasarkan ke luar daerah, bahkan keluar provinsi. “Keberadaan ternak itik memberikan nilai tambah ekonomis bagi petani sehingga sangat membantu kesejahtaraan,” tutur Joni di ruang kerjanya, Kamis 30 Mei. Produk telor itik, menurut dia, menjadi komoditas yang cukup potensial selain produk telor ayam buras omega-3 yang saat ini tengah dikembangkan. Pihak pemerintah melalui dinas terkait senantiasa memberikan pembinaan teknis budidaya maupun managerial. “Sebab, untuk mengelola usaha ternak tidak semudah yang kitra bayangkan,” kata Joni. 
      Dibanding mengelola usaha cocok tanam yang notabene banyak celah waktu luang, usaha ternak membutuhkan kesabaran dan keuletan. Ternak, kata dia, harus diawasi sepanjang hari sehingga petani tidak ada waktu luang. Apalagi ternak itik yang pengelolaannya membutuhkan ketelatenan dan keuletan. Karena itu pihak dinas memberikan penyuluhan dan pembinaan secara simultan. (Ruslan Nolowijoyo).

OL : 31 Mei 2013.

IKLAN

 

Arsip Berita