Home » » SUKSES UN DI KAB. PEMALANG MERUPAKAN KERJASAMA SELURUH KOMPONEN

SUKSES UN DI KAB. PEMALANG MERUPAKAN KERJASAMA SELURUH KOMPONEN

Written By Media Rakyat on Friday, 31 May 2013 | 19:28:00

Drs. H Mariyoto MPd.
Pemalang (Media Rakyat), Kesuksesan pelaksanaan Ujian Nasional (UN) untuk peserta tingkat SD, SLTP dan SLTA di Kabupaten Pemalang merupakan buah kerjasama yang baik dunia pendidikan dengan seluruh komponen yang ada. 
      Kepala Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga (Dindikpora) Kabupaten Pemalang, Drs. H. Mariyoto, MPd, mengungkapkan bahwa keberhasilan tersebut bukan semata hasil kerja keras jajaran pendidikan. Melainkan terdukung kuatnya jalinan kerjasama dengan seluruh komponen sesuai dengan tanggungjawab masing-masing. “Pelaksanaan UN di Pemalang relatif aman, lancar dan tertib sebagaimana yang kita harapkan bersama. Semua itu terwujud karena terjalinnya kerjasama yang baik dengan semua komponen. ,” tutur Mariyoto kepada Media Rakyat di ruang kerjanya, Selasa 28 Mei lalu. Menurut dia, keberhasilan pelaksanaannya juga tidak lepas dari matangnya persiapan yang serentak dilakukan di semua sekolah penyelenggara ujian. Persiapan yang dimaksud bukan hanya dalam bentuk latihan ujian atau try out, melainkan juga pelatihan bagi mereka yang terlibat dalam kepanitiaan. 
Dra. Hj Risdi Mardiningsih MPd.
     Ungkapan senada juga disampaikan Kepala SMAN I Pemalang. Dra Hj Risdi Mardiningsih, MPd, di kantornya Jumat 31 Mei. Keberhasilan UN merupakan wujud satu hati seluruh komponen, baik pendidik, kependidikan, pemangku kepentingan, orang tua siswa dan masyarakat.
      Terkait Kualitas Mariyoto lebih jauh menyampaikan, UN yang baru saja dilaksanakan sudah mengarah pada kualitas kelulusan. Maka dengan begitu kelulusan seratus persen bukanlah merupakan satu-satunya kebanggaan, akan tetapi merupakan hasil nilai ujian. Untuk SMAN I yang semua peserta UN telah menggenggam etos kejujuran, selain secara kuantitas, kualitas kelulusan juga mengalami peningkatan yang membanggakan. 
      Menurut Rishi Mardiningsih, dari 317 peserta UN di sekolahnya 146 siswa diantaranya diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) seperti Unpad dan ITB (Bandung) serta Undip (Semarang). 39 siswa diterima di Perguruan Tinggi Swasta (PTS), 159 siswa masuk perguruan tinggi alternatif dan 120 siswa lainnya masih belum mendapatkan perguruan tinggi. 
      Lebih lanjut Mariyoto menegaskan, tingkat kelulusan di Kabupaten Pemalang berada diatas rata-rata kelulusan provinsi. Capaian tingkat kelulusan SMA adalah 99,95 persen. Bagi peserta UN yang telah lulus ada dua pilihan yang dihadapi, yakni melanjutkan ke perguruan tinggi dan bekerja, lengkapnya. Berkaitan dengan itu pihaknya mengimbau agar bersiap diri bagi yang akan melanjutkan ke perguruan tinggi. Sedangkan bagi yang akan bekerja agar segera berkoordinasi dengan Bursa Kerja Khusus di sekolah maupun mencari informnasi lowongan pekerjaan di Dinsosnakertrans.(Ruslan Nolowijoyo). 

OL : 31 Mei 2013.

IKLAN

Arsip Berita