Home » » PNPM Didukung Swadaya Warga

PNPM Didukung Swadaya Warga

Written By Media Rakyat on Thursday, 2 May 2013 | 18:28:00

Swadaya masyarakat membuat drainase
Pemalang (Media Rakyat) – Pembangunan drainase yang dibiayai PNPM Mandiri Perkotaan di lingkungan RW I Kelurahan Paduraksa, Kecamatan / Kabupaten Pemalang, telah rampung dengan dukungan swadaya murni warga setempat. Bangunan fisik yang direncanakan sepanjang 124 meter dengan biaya Rp18 juta dan swadaya Rp 3,6 juta, terealisasi sepanjang 130 meter dengan swadaya murni warga mencapai lebih Rp 10 juta. 
       Pembuatan drainase itu sendiri dimulai 14 April dan rampung 27 April, atau dalam 14 hari kerja. Hal itu disampaikan Ketua RW I Paduraksa, Riswono, saat ditemui Media Rakyat, Rabu (1/5). Swadaya warga menjadi relatif tinggi karena harus membuat jembatan kecil di halaman rumah warga. “Swadaya yang rencananya hanya 3,6 juta meningkat menjadi lebih 10 juta karena harus membuat 13 jewmbatan kecil di halaman rumah warga,” jelasnya. 
     Lebih lanjut Riswono menjelaskan bahwa dukungan swadaya warga meliputi untuk pembelian material tambahan terutama semen, kemudian untuk biaya konsumsi dan biaya tenaga kerja yang dilibatkan dalam pembuatan drainase. “Untuk membuat jembatan kecil dari beton sebanyak 13 buah saja menghabiskan anggaran lebih 3 juta rupiah,” tambahnya meyakinkan. 
       Kepala Kelurahan Paduraksa, Muntoha yang ditemui terpisah, mengatakan, tingkat swadaya murni masyarakat di wilayah tugasnya memang relatif menonjol seperti halnya tingkat kerukunan dan kegotongroyongan. Itu semua terjadi karena warga memiliki kesadaran yang cukup tinggi terhadap pentingnya pembangunan sarana umum untuk kepentingan bersama. (Ruslan Nolowijoyo). 

*OL: 2 Mei 2013.

IKLAN

Arsip Berita