Home » » Antisipasi DBD Warga Perlu Lakukan PSN

Antisipasi DBD Warga Perlu Lakukan PSN

Written By Media Rakyat on Thursday, 2 May 2013 | 18:18:00

Pemalang (Media Rakyat) - Untuk mengantisipasi kemungkinan berjangkitnya penyakit Demam Berdarah Dengou (DBD) seyogianya warga membiasakan untuk melakukan tindakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN). Sebab dengan melakukan PSN secara rutin siklus hidup nyamuk penyebab demam berdarah akan putus. 
       Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pemalang melalui Kasi Pemberantasan Bidang Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit, Eri Endrasmoko, SKM, menyampaikan, dengan upaya pemberantasan sarang nyamuk di lingkungan tempat tinggal setidaknya dapat menghambat kemungkinan berkembangbiaknya nyamuk penyebab demam berdarah. Langkah yang dapat dilakukan, menurut Eri, sangatlah sederhana serta mudah. Yakni bila ada genangan air segera dikuras lalu ditutup, ditimbun atau dikubur. “Jadi upaya yang harus dilakukan untuk mengantisipasi berkembangbiaknya nyamuk aides aegipty tidak terlalu sulit,” jelasnya baru-baru ini.
     
Petugas sedang melakukan Fogging
     Lebih jauh Eri Endrasmoko mengatakan, akibat gigitan nyamuk tersebut tubuh akan menjadi demam. Apabila hal ini terjadi penderita harus segera dibawa ke Puskesmas terdekat. Pihak Puskesmas akan memberikan rujukan ke rumah sakit apabila benar-benar menderita demam berdarah. Pihak Puskesmas akan turun ke lokasi apabila di suatu wilayah permukiman terjadi beberapa warga menderita demam. Petugas akan melakukan ceking lapangan, kalau menemukan lebih dari 5 persen jentik nyamuk ataupun lebih dari 3 orang menderita demam maka akan dilakukan pengabutan atau fogging. 
       Fogging merupakan tindakan pemberantasan, bukan tindakan pencegahan, sehingga hanya bisa dilakukan apabila di suatu lokasi terdapat kasus demam berdarah. Namun yang pasti, imbuh Eri, langkah antisipasi yang paling dilakukan warga sendiri melalui upaya yang relatif mudah. Yakni melakukan gerakan pemberantasan sarang nyamuk. (Ruslan Nolowijoyo). 

*OL: 2 Mei 2013

IKLAN

Arsip Berita