Home » » UN SMP Kab. Pemalang Diikuti 19.389 Peserta

UN SMP Kab. Pemalang Diikuti 19.389 Peserta

Written By Media Rakyat on Wednesday, 24 April 2013 | 08:02:00

Pemalang (Media Rakyat) - Sebanyak 19.389 siswa SMP di Kabupaten Pemalang mengikuti Ujian Nasional (UN) yang dilaksanakan mulai tanggal 22 hingga 25 April. Para peserta mengerjakan soal-soal mata ujian yang diujikan meliputi Bahasa Indonesia untuk hari pertama, Bahasa Inggris hari kedua, Matematika hari ketiga dan Ilmi Pengetahuan Alam (IPA) hari keempat. Sejak pelaksanaan hari pertama berlangsung tertib dan lancar. Setiap ruang dijaga oleh pengawas yang berasal dari satuan pendidikan setingkat secara silang. Sumber di Dikmen Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) Pemalang mengatakan, UN untuk SMP diikuti 162 sekolah yang terdiri dari SMP, MTs, SMPLB, SMP Terbuka, Ponpes dan Wustho.
        Menurut Sekretaris Dindikpora Drs Syabani, dalam menghadapi UN para peserta telah mempersiapkan diri dengan mengikuti kegiatan yang diselenggarakan seperti Try Out, penambahan jam pelajaran serta kegiatan religi berupa berdoa bersama. Dengan persiapan yang telah digenggam diharapkan siswa peserta UN dapat menyelesaikan ujian dan meraih kelulusan yang lebih berkualitas. Kesiapan menghadapi UN telah dimiliki masing-masing sekolah penyelenggara. Sebagaimana dilakukan sejumlah sekolah favorit di Pemalang seperti SMPN 4, SMPN 2 dan SMPN 5. Persiapan dengan menyelkenggarakan Try Out baik oleh pihak sekolah maupun bekerja sama dengan mitra Bimbingan Belajar, ditempuh SMPN 4 Pemalang yang mengikutkan 335 siswa dalam UN. Selain itu pihak sekolah juga membuka Klinik Mapel bagi siswa yang nilai Try Out-nya masih rendah. 
          Persiapan bagi sekolah berstatus unggulan seperti halnya SMPN 2 Pemalang yang mengikutkan 284 siswa dalam UN dinilai cukup matang. Meliputi penambahan jam pelajaran, pemadatan atau pengayaan untuk 4 mapel yang diujikan. Tak jauh bedanya dengan SMPN 5 Pemalang. Sekolah yang berkampus di Paduraksa ini menyiapkan siswanya secara terarah dalam menghadapi UN. Sekolah ini menyertakan 286 siswa. Dengan kesiapan yang relatif matang, menurut Kepala SMPN 2 Pemalang, Kismo SPd MPd, diharapkan Ujian Nasional yang dilaksanakan bisa menghasilkan lulusan yang betul-betul; berkualitas, lulusan bermutu tidak sekadar lulus ujian. 
        Harapan yang sama disampaikan Kepala SMPN 4 Pemalang, Irfan, SPd yang menekankan bahwa hasil ujian yang berkualitas merupakan harapan yang rasional. Namun dalam pelaksanaan ujian tanggung jawab tidak semata di pihak sekolah melainkan juga tanggung jawab semua pihak yang peduli terhadap dunia pendidikan. (Ruslan Nolowijoyo)

IKLAN

Arsip Berita