Home » » POLRES TEGAL BERHASIL MENGATASI PENGACAU DI TPS

POLRES TEGAL BERHASIL MENGATASI PENGACAU DI TPS

Written By Media Rakyat on Friday, 26 April 2013 | 17:19:00

Kericuhan di TPS
Slawi (Media Rakyat) Puluhan orang mendatangi Tempat Pemungutan Suara (TPS) 01 Kelurahan Pekembaran RT 02/05 yang bertempat di Polres Tegal. Suasana yang semula lancar mendadak berubah ricuh karena Salah seorang warga terlibat cekcok dengan Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan petugas keamanan. warga merasa kehilangan hak nya karena tidak diperbolehkan mencoblos oleh PPS. ’’Kenapa saya dilarang menggunakan hak suara saya, saya punya Kartu Tanda Penduduk (KTP). Kok mau mencoblos saja dipersulit,’’ ujarnya dengan nada kecewa. merasa tidak di perlakukan secara adil bleliau pun pulang dan mengajak beberapa warga yang lain untuk melakukan aksi demo di lokasi TPS, Adu mulut pun kembali terjadi. karena Petugas keamanan tetap tidak mempersilakan orang tersebut ikut mencoblos, karena tidak memilik kartu undangan pencoblosan di TPS 01.
      
Saling dorong dengan petugas
Situasi pun makin memanas sampai-sampai terjadi bentrok fisik dengan anggota Aparat Keamanan, puluhan warga yang sedianya akan memberikan dukungan suara dalam Pilgub 2013 itu kocar-kacir setelah bantuan dari Pengendali Masyarakat (DALMAS) tiba di lokasi. kericuhan dapat dikendalikan petugas setelah Lelaki paruh baya tersebut di amankan dan diberikan pengarahan dan pengertian. Sesuai prosedur pengamanan Pilgub 2013, para pemilih tidak diperbolehkan mencoblos jika tidak mempunyai surat undangan, namun pemilih bisa mendaftarkan sebagai pemilih susulan.
Pelaku berhasil diamankan
        Namun itu semua hanyalah cuplikan skenario simulasi pengamanan lokasi TPS yang diperagakan anggota Polres Tegal untuk memberikan gambaran riil kepada anggota terkait pengamanan TPS. Kapolres Tegal AKPB Hanif, SIk, melalui Kabag Ops Polres Tegal, Kompol Kuntri Yudho,SH, disela-sela kegiatan simulasi pengamanan lokasi TPS menjelaskan. bahwa dalam pengamanan Pilgub tahun 2013, Polres Tegal menyiagakan 450 personel, dengan metode 2,9,18. “ Artinnya 2 Polisi, di 9 TPS, dan 18 anggota Limnas, disiagakan,” terangnya (Farid/MR/99)

IKLAN

Arsip Berita