Home » » POLRES PEMALANG MELAKSANAKAN PROGRAM TOURING SOSIALISASI SAFETI CYCLING.

POLRES PEMALANG MELAKSANAKAN PROGRAM TOURING SOSIALISASI SAFETI CYCLING.

Written By media rakyat on Selasa, 30 April 2013 | 07.42

Kapolres Pemalang melepas peserta touring
Pemalang (Media Rakyat ) Ratusan kendaraan berupa sepeda motor, mobil dan sepeda kayuh keliling kota dalam acara pembukaan program Touring Safety Cycling, Safety Riding dan Safety Driving yang diselenggarakan Polres Pemalang kemarin. Kegiatan tersebut menindaklanjuti arahan Dir Lantas Polda Jateng dalam surat Telegram Kapolda Jateng Nomor : ST/867/IV/2013.tanggal 22 april 2013 tentang Pelaksanaan Touring Safety Riding dan Safety Driving secara serentak se jajaran Polda Jateng 
         Sebelum meluncur ke jalan raya Kasatlantas AKP Endang Tri Purwanto SIK MSi memberikan contoh cara berkendaraan dan bersepeda yang aman di jalan raya. Sedangkan acara dibuka Kapolres Pemalang AKBP Tjuk Winarko SH MH. Peserta cukup antusias mengikuti jalanya kegiatan yang mengambil start di mapolres Pemalang. 
       Dalam sambutannya Kapolres Pemalang AKBP Tjuk Winarko SH.MH menjelaskan bahwa sejak Tahun 2011 pemerintah telah menggulirkan program kerja Rencana Umum Nasional Keselamatan (RUNK) dengan lima pilar berkeselamatan. Yaitu manajemen, jalan, kendaraan, pengguna jalan dan respon terhadap paska kejadian.''Kelima pilar tersebut pada dasarnya menanamkan pada diri pribadi dan masyarakat untuk menjadi pelopor keselamatan berlalulintas, dan membudayakan keselamatan berlalulintas sebagai suatu kebutuhan,'' tuturnya. 
      Usai memberikan sambutan selanjutnya kapolres melepas peserta touring safety yang dimulai dari kelompok sepeda kayuh melewati jalan Jendral Sudirman, Jalan Pemuda, Sirandu, Jlan A Yani, alun-alun dan kembali ke mapolres. Kemudian disusul motor dan terakhir mobil. 
     Menurut Ketua Panitia Iptu Jumadi, tujuan kegiatan tersebut sebagai wahana sosialisasi kepada masyarakat melalui para pecinta otomotif untuk menjadi pelopor keselamatan berlalulintas. “ agar tumbuh kesadaran disiplin dan toleransi dalam berkendaraan juga untuk mewujudkan masyarakat sadar tertib berlalu lintas maka diperlukan kegiatan riil untuk menumbuh kembangkan kesadaran diri akan pentingnya menjadi pelopor bagi keselamatan” pungkasnya. (heri) 

OL: 30 April 2013