Home » » POL AIR ADAKAN PATROLI GABUNGAN

POL AIR ADAKAN PATROLI GABUNGAN

Written By Media Rakyat on Friday, 22 March 2013 | 08:35:00

Pol Air dan TNI AL jelang pelaksanaan gabungan
PEMALANG ( Media Rakyat ) Meskipun pemerintah sudah melarang penggunaan jaring jenis Pukat Harimau yang bisa merusak ekosistem, tetapi kenyataannya masih ada nelayan yang bandel menggunakan jaring jenis ini. Ini dibuktikan ketika Pol Air mengadakan patroli laut dan dipergoki 2 perahu nelayan oleh patroli gabungan yang digelar oleh Satpol Air Polres Pemalang, TNI AL dan unsur Syahbandar Pemalang, diperairan dengan jarak 2 mil dari pantai, Selasa (19/3).
      Dari sampel 3 perahu yang diperiksa selain ditemukan penggunaan Pukat Harimau, 2 kapal lainnya ternyata tidak mengantongi surat perijinan sesuai aturan yang berlaku, sementara 1 lainnya meski membawa surat-surat kapal tetapi setelah diperiksa ternyata sudah kadaluwarsa. Meski demikian para nelayan masih diberikan kebijaksanaan hanya dibina, dan diperintahkan untuk segera mengurus surat-surat yang dibutuhkan. Kapolres Pemalang AKBP Tjuk Winarko SH. MH. Melalui Kasatpol Air SKP Kartono SH. "Tindakan yang kita lakukan terhadap nelayan memang secara bertahap, pertama kita baru taraf pembinaan agar mereka tahu tentang aturan pengoperasian kapal harus disertai surat-surat. Setelah kita berikan peringatan, tetapi tetap tidak mematuhi ketentuan maka tidak menutup kemungkinan akan meningkat pada tindakan tegas berikutnya,"tandas . 
Kegiatan Pemeriksaan dalam Patroli gabungan
     Ditambahkan oleh AKP Kartono SH, saat ini memang sebagian besar kapal nelayan yang beroperasi tidak melengkapi diri dengan surat-surat perijinan yang ditentukan, sehingga memang perlu diberikan pembinaan secara terus menerus dan berkelanjutan. Meski demikian seharusnya hal ini juga menjadi tanggungjawab bersama, sebab untuk SIKP dikeluarkan oleh pemerintah daerah. Operasi gabungan yang digelar mulai pukul 09.00 hingga pukul 13.00 sempat membuat beberapa kapal nelayan kaget dan menjauh. Baru setelah melalui pengeras suara disampaikan petugas tidak akan melakukan penangkapan, akan tetapi pembinaan akhirnya satu persatu kapal yang akan diperiksa berhenti. Ikut dalam operasi gabungan Kasubag Humas AKP Harsono SH, Kasubag Ren Gar Bag Ren, AKP Abdul Mukti SH. (heri)

IKLAN

Arsip Berita