Home » » BANTUAN KAPAL PATROLI LAUT DIOPERASIONALKAN

BANTUAN KAPAL PATROLI LAUT DIOPERASIONALKAN

Written By Media Rakyat on Monday, 4 February 2013 | 08:25:00

Wakapolres Pemalang Kompol Wiyoto Spd MH 


         PEMALANG –(Media Rakyat) Kapal patroli perairan Pemalang bantuan Mabes Polri dioperasionalkan menjelajah wilayah teritorial Satuan Polisi Air (Satpol Air) Polres Pemalang Hari Jum’at (1/2) kemarin. Uji coba dilakukan pukul 10.00 ditumpangi Wakapolres Kompol Wiyoto SPd MH, Kasat Pol Air AKP Kartono SH, Kasubag Humas AKP Harsono SH dan beberapa anggota lainnya serta wartawan. Sepanjang perjalanan kapal berjalan mulus tanpa kendala dengan kekuatan maksimal 25 knot atau 50 km/jam. 
Kapal bantuan Mabes Polri Selesai diuji coba
         Kapolres Pemalang AKBP Tjuk Winarko SH MH mengungkapkan, dengan dioperasionalkan Kapal Polsek Sungai tersebut diharapkan pelaksanaan tugas pokok Satpol Air di bidang pelayanan masyarakat lebih baik dan optimal.''Kapal yang mampu melaju dengan kecepatan 50 km/jam yang dilengkapi fasilitas modern itu agar dirawat dengan baik,'' katanya saat melepas kapal itu dioperasionalkan menuju ke laut . Kapolres juga meminta pengoperasionalan kapal tersebut sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP). Yaitu diawaki oleh seorang nahkoda yang memiliki kompetensi di bidangnya, dibantu tiga Bintara Navigasi/Dek dan dua Bintara Teknik Mesin. 
          Kapal yang bertugas mendukung tugas penegakan hukum, pembinaan masyarakat pantai/nelayan dan Search And Rescue (SAR) itu dilengkapi peralatan navigasi dan komunikasi, radio VHF/FM, electric home, GPS, laptop dan printer, narkoba test kit, baju pelampung, parachute signal, red hand flare dan sebagainya. Wilayah patroli meliputi perairan Pemalang 145,2 mill laut dari batas sebelah barat Desa Lawangrejo, Kecamatan Pemalang sampai Desa Tasikrejo, Kecamatan Ulujami. Serta darat/pantai kurang lebih 40 kilometer. Di wilayah itu terdapat masyarakat nelayan sebanyak 15.882 orang.(heri)

IKLAN

Arsip Berita