Home » » BPBD KAB. TEGAL DINILAI LAMBAN MENANGGULANGI BENCANA

BPBD KAB. TEGAL DINILAI LAMBAN MENANGGULANGI BENCANA

Written By media rakyat99 on Friday, 11 January 2013 | 08:49:00

     Slawi (Media Rakyat)- Tinginya curah hujan yang disertai angin yang melanda wilayah Kabupaten Tegal diawal bulan Januari 2013 menimbulkan beberapa bencana seperti banjir yang melanda di beberapa desa di daerah Pantura yang merendam ratusan rumah dan bencana angin Puting beliung yang baru saja melanda melanda Ds. Batumirah dan Ds. Guci kec. Bumi jawa Rabu (9/01) yang mengakibatkan kerugian dan kesengsaran masyarakat yang tertimpa musibah tersebut.  
      Menurut Ketua DPRD Kab.Tegal H Rojikin AH. SH. SE Badan Penangggulangan Bencana Daerah (BPBD) dinilai lamban menangani permasalahan bantuan tersebut..Hal tersebut terlihat saat dirinya menerima laporan kejadian dan langsung bergegas menuju lokasi bencana tersebut untuk melihat kondisi rumah yang porak poranda dan bertemu langsung dengan masyarakat yang tertimpa musibah dan sekedar memberi bantuan secara pribadi guna sedikit mengurangi penderitaan masyarakat yang tertimpa musibah. Namun saat tiba dilokasi yang terlihat hanya tim dari Kodim, PMI, TIM SAR GEGANA dan beberapa masyarakat yang sigap membantu efakuasi bencana, kejadian yang terjadi Pukul 14.00 sampai dengan pukul 17.30 namun belum ada satupun Tim dari BPBD yang datang ikut serta membantu dilokasi kejadian. “ Seharusnya BPBD bekerja secara otomatis layaknya sistim remot yang sigap mendatangi dan menangani bencana karena Pemerintah Daerah Kab. Tegal sudah memberi anggaran yang cukup besar hingga seharusnya tidak perlu lamban menangani setiap bencana yang ada di Kabupaten Tegal“ Jelasnya kepada wartawan disela-sela Rakercab PDI Perjuangan. 

Rojikin saat meninjau lokasi bencana angin puting beliung
     Kepala Badan penanggulangan Daerah Kab.Tegal Ir. Eling Susiardi Msi menuturkan kalau dirinya baru menerima laporan pada pukul 18.00 WIB dan langsung menurunkan tim dari BPBD dengan membawa bantuan logistik dan beberapa bahan matrial seperti paku dan sebagainya. tim dari BPBD tiba di lokasi pukul 21.00 WIB . saat di tanya Media Rakyat tentang keterlambatan penanganan Tim BPBD terhadap bencana yang melanda Ds. Batumirah dan Ds. Guci kec. Bumi jawa Eling hanya menjawab “kalau KODIM Dan PMI juga Polres Tegal itu kan punya pasukan dan terlatih sedangkan BPBD hanya mempunyai Tim yang jumlahnya sangat terbatas maka wajar kalau BPBD kalah sigap dengan mereka.“kilahnya. (Farid)

IKLAN

Arsip Berita